Jika anda saat ini lagi galau mungkin salah satu penyebabnya adalah gizi anda kurang tepat, karena sesungguhnya apa yang kita makan akan berpengaruh terhadap suasana hati. Pengaruh cara makan yang benar , dapat anda rasakan langsung pada memori, suasana hati dan tentunya vitalitas anda.

Mekanisme makanan/gizi dapat mempengaruhi suasana hati adalah adanya aktivitas sel-sel saraf otak kita. Otak manusia terdiri dari beratus juta sel saraf (neuron) yang saling berkomunikasi melalui massa penghantar saraf otak (neurotransmiter). Zat inilahnyang membantu menyalurkan rangsangan antar dua sel saraf atau antara sel saraf dan otot, serta bertugas mengatur berbagai fungsi saraf diantaranya sebagai pusat ingatan, pengontrol nafsu makan, mengatur fungsi mental, suasana hati, gerak tubuh dan siklus tidur dan bangun.

Neurotransmiter sebagai penghantar saraf otak terbuat dari asam amino. Jumlah neurotransmiter berfluktuasi sesuai dengan asupan asam amino kita. Dampaknya jika ada satu neurotransmitter terganggu maka  fungsi sel saraf juga kan ikut terganggu.

Ada tiga neurotransmitter yang penting dalam mengatur suasana hati pencegah galau ini, tiga neurotransmitter itu adalah, 1. Serotonin, 2. Dopamin 3. Norepinefrin  atau untuk memudahkan mengingat kita singkat SDN. Serotonin diproduksi di dalam otak dari asam amino triptofan.  Intinya jika kita ingin bebas galau penuhi makanan yang dapat menjaga kebutuhan dan keseimbangan 3 neurotransmiter tersebut.

Kadar serotonin yang rendah akan menyebabkan rasa cemas, mudah marah, muncul keinginan melahap makanan yang manis-manis. Sebaliknya serotonin yang cukup akan membantu selera makan yang normal, pola tidur yang sehat, memperbaiki suasana hati, tidak galau serta meningkatkan kemampuan tubuh menahan rasa sakit.


PREKRIPSI DIET ANTI GALAU

1.       Waktu makan harus teratur yakni makan pagi, snack pagi, makan siang, snack sore dan makan malam.

2.       Jangan sampai melewatkan makan ketika harus jam makan datang akan akan merusak keseimbangan neurotransmitter yang tentunya akan mengacaukan suasana hati dan membikin galau.

3.       Jarak waktu makan agar dapat mencegah galau setiap 3 – 4 jam

4.       Makanlah sumber Karbohidrat bersama dengan protein karena jika anda makan  tidak seimbang maka dampaknya akan membuat produksi neurotransmitter terganggu

5.       Pilih Karbohidrat komplek sebagai sumber utama pasokan karbohidrat.

6.       Hindari makan-makanan yang manis-manis  apalagi dikonsumsi tanpa ditemani protein.

7.       Hindari terlalu sering konsumsi makanan yang digoreng untuk mencegah pasokan lemak yang terlalu tingi.

8.       Jangan lupa cukupi sayur dan buah sebagai sumber Vitamin, mineral dan serat.

9.       Cukup konsumsi makanan sumber Vitamin B dan C, serta mineral Kalsium, magnesium, zat besi, magnesium, selenium dan seng.

10.   Jangan lupa cukupi air perhatikan tubuh anda cegah jangan sampai haus apalagi kehausan karena kekurangan cairan bikin tubuh kita menjadi galau. (Pramono, www.giziwebster.co.cc)

Diposting oleh : Pramono
sumber : http://www.rsulin.com/berita-154-diet-anti-galau.html, akses tgl 02/05/2014.

Share To:

PERSAGI Bandung

Post A Comment:

0 comments so far,add yours