Masih banyak orang yang canggung ketika duduk di meja makan saat jamuan spesial. Jika malam Natal mendapat undangan makan malam, simak dulu panduan makannya.


Makan malam saat perayaaan Natal memang menyajikan hidangan spesial seperti kalkun panggang. Tapi makanan enak ini pastilah harus dimakan dengan cara yang elegan. Tak usah khawatir soal posisi duduk hingga cara penggunaan alat makan, simak panduan berikut.

1. Perhatikan pilihan pakaian yang dikenakan 
Jamuan makan di malam Natal bukanlah momen biasa jadi pastikan Anda mengenakan pakaian yang istimewa. Tidak harus mewah dan mahal tapi pilih yang modelnya simpel namun elegan.

Pilihan gaun yang simpel dan nyaman sangat direkomendasikan untuk para wanita. Untuk pria, tunjukkan kesan gagah dan maskulin dengan mengenakan jas lengkap dengan dasi.

Yang harus jadi perhatian adalah kenali dulu jenis jamuan makan malam yang akan Anda hadiri. Jika konsepnya kasual, cukup kenakan pakaian yang lebih santai.

2. Makan roti sedikit demi sedikit 
Jamuan makan malam istimewa seperti ini biasanya disajikan set menu. Sambil menunggu menu makanan datang, Anda akan disuguhi roti dengan butter.

Roti ini bisa dimakan tanpa menggunakan alat makan, alias harus dimakan dengan tangan. Roti ini bisa sedikit demi sedikit dipotong dengan tangan lalu diolesi butter.

3. Hindari membicarakan hal ini
Ketika makan malam sudah mulai, hindari perbincangan dengan topik yang berat dan tidak sopan. Jangan pernah membahas soal agama, politik dan seks karena hal ini bisa merusak selera makan.

Selain itu, hindari juga membicarakan soal penyakit dan kondisi keuangan pribadi. Percakapan yang memamerkan pengalaman mewah dan harta pribadi juga dianggap tak sopan. Jadi topik ringan adalah yang paling disarankan misalnya tentang hobi atau artis idola.

4. Minum alkohol secukupnya 
Jangan merasa aji mumpung bisa minum alkohol sepuasnya lantas membuat Anda lupa diri. Mabuk saat jamuan makan Natal adalah hal yang harus dihindari. Kecuali ada pesta lagi setelah makan malam usai.

Dalam paket makan pasti disuguhi wine atau sampanye, minumlah sedikit demi sedikit. Jika Anda meneguk sekaligus, pelayan akan terus mengisi gelas di meja Anda. Jika tak suka dengan minuman yang disajikan, jangan sungkan untuk menanyakan varian lain.

5. Gunakan serbet dengan baik 
Serbet digunakan untuk melindungi pakaian dari percikan saus. Letakkan serbet dengan benar di pangkuan Anda.

Serbet juga bisa digunakan untuk mengelap bibir usai makan. Tepuk perlahan bagian bibir dengan serbet, jangan lantas menyapunya hingga merusak lipstik dan meninggalkan bekas.

Serbet juga bisa dijadikan alat untuk membersihkan tangan Anda. Cukup lap bagian permukaan tangan, serbet tidak untuk diremas seperti handuk tangan.

6. Cara menggunakan alat makan
Banyaknya alat makan yang ada di meja seharusnya tidak membuat Anda merasa terintimidasi. Gunakan alat makan secara berurutan mulai dari yang letaknya paling jauh atau paling luar dari piring.

Biasanya alat makan yang letaknya paling dekat dengan piring adalah untuk menyantap main course atau hidangan utama. Jadi urutan alat makannya yakni untuk menyantap hidangan pembuka, sup dan hidangan utama.

Untuk alat makan hidangan penutup biasa diletakkan terpisah dari urutan alat makan lainnya. Kadang alat makan dessert baru diberikan bersamaan saat hidangan tiba.

7. Jangan sungkan makan garnish
Sajian Natal dalam jamuan makan pastilah disajikan dengan tampilan yang cantik, termasuk garnisnya. Meskipun cantik, garnish ini bisa dimakan.

Semua makanan yang tersaji di atas piring memang bisa dimakan termasuk hiasannya. Jangan karena terlihat cantik lantas Anda sayang untuk merusak dan menyantapnya. Chef akan merasa senang kalau makanan habis dilahap para tamunya. Percayalah! (dvs/odi)

Devi Setya
sumber : https://food.detik.com/info-kuliner/d-4351138/7-etiket-makan-saat-jamuan-perayaan-natal, akses tgl 23/12/2018.

Share To:

PERSAGI Bandung

Post A Comment:

0 comments so far,add yours