Jika wanita harus memperhatikan kesehatan reproduksinya karena rentan berisiko kanker serviks, rahim maupun payudara, maka para pria pun sebaiknya menjaga kesehatan prostat. Prostat menjadi salah satu kelenjar penting dalam sistem perkemihan pria. Menurut Badan Litbang Kementrian Kesehatan Indonesia, prevalensi kanker prostat tahun 2013 adalah 0.2%. Prevalensi kanker prostat terbesar sebesar 0.5% berada di 4 provinsi yaitu DI Yogyakarta, Bali, Sulawesi Utara dan Sulawesi Selatan.


Meskipun kasus kanker prostat tidak sebanyak kasus kanker paru, tetap saja kita perlu menjaga kesehatan organ ini. Menurut Harvard, ada 7 pola makan atau diet sehat yang bisa dilakukan untuk mencegah atau menurunkan kanker prostat :

Konsumsi buah dan sayur 
Tak diragukan lagi. Konsumsi sayuran dan buah yang dianjurkan menurut Gizi Seimbang adalah 4-5 porsi sehari. Akan lebih baik lagi jika bisa memvariasikan warna dan jenis buah atau sayurnya dalam sehari.

Pilih karbohidrat kompleks 
Jika memungkinkan, makanlah karbohidrat kompleks seperti beras merah dibandingkan beras putih.

Kurangi konsumsi daging merah
Mengkonsumsi ikan, daging ayam/itik tanpa kulit serta telur jauh lebih baik dibandingkan daging merah, kambing, domba apalagi daging kemasan seperti sosis dan corned.

Pilihlah lemak sehat
Beberapa jenis lemak sehat yang bisa dijadikan alternatif untuk memasak maupun dikonsumsi adalah minyak zaitun. Selain itu, buah seperti alpukat dan kacang-kacangan juga sumber lemak yang baik dikonsumsi.

Kurangi minuman berkadar gula tinggi
Apa yang akan Anda konsumsi saat merasa haus dan bepergian? Minuman kemasan beraneka rasa? Ya, sebaiknya kurangi berbagai jenis minuman berkarbonasi dan mengandung gula tinggi. Air mineral bisa menjadi pelepas dahaga terbaik.

Awasi asupan garam
Konsumsi garam tinggi bisa meningkatkan risiko hipertensi juga lho. Makanan tinggi garam banyak ditemui pada makanan instan.

Perhatikan porsi makan Anda
Makan saat lapar dan berhentilah sebelum kenyang. Ambil porsi makan secukupnya. Karena berat badan berlebih pun meningkatkan risiko kanekr prostat.

sumber : http://www.nourishmagz.com/2017/07/diet-sehat-cegah-kanker-prostat.html, akses tgl 23/12/2018.

Share To:

PERSAGI Bandung

Post A Comment:

0 comments so far,add yours