Jika Anda merasa kurang sehat hari ini, jangan terlalu cepat memutuskan untuk minum obat. Sistem imun atau kekebalan tubuh bisa dibentuk dengan beberapa hal penting.


Seperti dilansir News, Rabu (1/5/2013), berikut cara menjaga tubuh sehat selama 7 hari:

Senin

Konsumsi lebih banyak bawang putih. Bawang putih memiliki senyawa allicin yang kuat, vitamin A, C, E dan mineral selenium, sulfur dan seng yang berfungsi untuk kekebalan tubuh.

Selain itu, bawang putih juga berfungsi melindungi tubuh dari pilek dan flu, juga sebagai antibakteri, jamur.

Selasa

Tambah rumput laut dari daftar makanan Anda. Rumput laut tidak hanya bergizi, tapi juga bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mengurangi risiko penyakit dan infeksi.

Rumput laut merupakan sumber makanan kaya zat besi dan antioksidan yang penting bagi kesehatan. Tambahkan irisan rumput laut, nori, atau akrame pada sup, salad dan tumis.

Rabu

Usahakan tubuh terpapar matahari pada pagi hari sampai jam 9. Vitamin D berfungsi melindungi kita dari berbagai penyakit kronis seperti kanker, penyakit jantung dan diabetes. Sinar matahari adalah cara termudah dan sehat untuk mendapatkan vitamin D yang cukup, jadi cobalah berjemur selama 10 sampai 15 menit sehari.

Kamis

Dapatkan echinacea secara teratur untuk meningkatkan aktivitas dan jumlah sel imun seperti makrofag dan T-sel. Echinacea juga efektif bisa menyerang bakteri dan virus seperti pilek dan flu. Cari echinacea dalam bentuk tablet, atau teh (tiga cangkir sehari sangat ideal).

Jumat 

Makan lebih banyak jeruk, peterseli, paprika merah dan buah kiwi, dan buah lainnya yang banyak mengandung vitamin C.

Vitamin C adalah salah satu cara terbaik untuk meningkatkan kekebalan tubuh dalam mengobati dan mencegah semua penyakit kronis. Karena memiliki antioksidan yang kuat, vitamin C juga melindungi sel dari kerusakan akibat radikal bebas, dan memiliki antivirus, antibakteri dan antialergi aktivitas.

Sabtu

Minum yoghurt. Minuman fermentasi bergizi tinggi ini memiliki kemampuan untuk memperbaiki pencernaan dan meningkatkan kesehatan kekebalan tubuh kita. Bakteri hidup (acidophilus dan bifidus) pada yoghurt, dipercaya bisa meningkatkan kesehatan dan pertumbuhan bakteri ramah usus.

Minggu

Pikirkan pentingnya zat besi karena diperlukan untuk produksi sel darah putih yang melindungi pilek dan infeksi. Zat besi juga digunkan sebagai antioksidan yang membantu melawan kerusakan akibat radikal bebas, dan ditemukan dalam daging, susu dan kacang-kacangan.

(Fit/Abd) 
oleh Fitri Syarifah 
sumber : http://health.liputan6.com/read/575531/jadwal-asupan-sehat-tujuh-hari-dari-senin-hingga-minggu, akses tgl 01/05/2013.


Share To:

PERSAGI Bandung

Post A Comment:

0 comments so far,add yours