KEMBALI lagi, kabar buruk bagi Anda penggemar soda, terutama yang meminumnya hampir setiap hari. Para ilmuwan dari Universitas Boston mengemukakan bahwa meminum soda hampir setiap hari bisa memperbesar risiko terkena encok. 


Encok diketahui merupakan peradangan yang menimbulkan rasa nyeri karena meningkatnya kadar asam urat pada darah yang kemudian mengalir ke otot.

Menurut Wikipedia, air soda merupakan sejenis air yang dikarbonasikan dan dibuat bersifat efervesen dengan penambahan gas karbon dioksida di bawah tekanan. Air soda mendapatkan namanya dari garam natrium yang dikandungnya mengatakan senyawa 'bergaram,' menambah kualitas yang berbeda bagi sejumlah minuman beralkohol dan tanpa alkohol.

Dalam penelitian yang telah digelar selama 22 tahun, ditemukan bahwa orang yang baru saja meminum segelas soda berpemanis langsung mendapatkan risiko peradangan tersebut.

Tak hanya soda biasa, tapi diet soda pun ternyata memiliki dampak yang sama. Dalam banyak penelitian sebelumnya diketahui bahwa soda dengan pemanis buatan memiliki efek yang buruk bagi tubuh, terutama dalam hal penambahan berat badan hingga risiko obesitas. Hal itu terjadi karena pemanis buatan membuat tubuh selalu merasa lapar.

Lalu, bagi para penggemar soda, apa sebaiknya minuman yang bisa menggantikan posisi minuman ringan tersebut? Terutama bagi para perempuan, minumlah air atau teh hijau yang sudah pasti akan membuat kulit lebih sehat dan segar. Atau Anda boleh saja mencari pilihan minuman lain tanpa soda dan tanpa pemanis buatan yang mengandung bahan kimia. (Pri/OL-06)

sumber : http://www.mediaindonesia.com/mediahidupsehat/index.php/read/2010/11/15/3352/3/Minuman-Soda-Perbesar-Risiko-Encok, akses tgl 24/11/2010.

Share To:

PERSAGI Bandung

Post A Comment:

0 comments so far,add yours