Apakah Anda termasuk ke dalam kelompok soda addict (penggila soda)?, betapa soda sudah menjadi bagian dari hidup Anda. Rembesan soda yang melewati tenggorokan Anda ketika Anda terasa haus, membuat Anda tak rela melepaskan kaleng dan botol soda di dalam kulkas Anda. 


Perlu Anda ketahui bahaya yang ditimbulkan akibat terlalu banyak mengonsumsi minuman bersoda. Seperti yang sudah diteliti sebelumnya :

Penelitian oleh perkumpulan Asosiasi Diabetes Amerika seperti yang dikutip situs webMD, menunjukkan bahwa perempuan yang mengonsumsi soda lebih dari satu kaleng perhari memiliki risiko dua kali terkena diabetes tipe dua dalam jangka waktu 4 tahun kedepan, dari pada mereka yang mengonsumsi kurang dari satu kaleng perhari. Selain itu, wanita yang rutin mengonsumsi soda, berat badannya akan meningkat.

Sebuah studi yang dipublikasikan di Journal of Clinical Endocrinology and Metabolism menyarankan bahwa kandungan fruktosa, pemanis yang ditemukan pada jus buah, terdapat dalam jumlah yang banyak di dalam minuman bersoda. Bisa jadi inilah yang memicu respons hormonal pada tubuh yang menyebabkan meningkatnya berat badan.

Berdasarkan tes laboratorium yang dipublikasikan oleh General Dentistry, minuman ringan, khususnya minuman ringan yang berwarna dan teh kalengan akan mengikis lapisan gigi, meskipun minuman tersebut merupakan minuman diet atau bukan.

Carilah Alternatif minuman pengganti minuman bersoda yang lebih memiliki manfaat, seperti :

>> Jus buah. Anda bisa membuatnya sendiri, sengan demikian Anda mengetahui dan bisa menakar kandungan gulanya. Meskipun sudah banyak dijual di pasaran, jus buah 100% namun Anda tidak mengetahui kadar gula yang ada di dalamnya.

>> Susu tanpa lemak. Selain memberi nutrisi tubuh, susu juga memberikan Anda kalsium untuk tulang.

>> Teh. Anda bisa mulai dengan mengonsumsi green tea (teh hijau) yang mengandung phytonutrient, sebagai antioksidan pencegah kanker.

>> Lemonade buatan sendiri. Minuman kaya vitamin C ini bisa Anda buat sendir dirumah. minuman ini terbuat dari lemon, air, dan sedikit gula atau pemanis rendah kalori.

>> Kopi. Baik kopi hitam atau dicampur dengan susu skim dan pemanis rendah kalori. Anda bisa menyajikan dingin maupun panas.

sumber : http://www.mediaindonesia.com/mediahidupsehat/index.php/read/2008/07/18/517/3/Soda-dan-Risiko-Diabetes, akses tgl 24/11/2010.

Share To:

PERSAGI Bandung

Post A Comment:

0 comments so far,add yours