Asam urat adalah suatu penyakit radang yang diakibatkan oleh tingginya kadar asam urat dalam tubuh yang menumpuk. Salah satu kunci dalam manajemen penyakit asam urat adalah menjaga asupan makanan. Makanan dengan kadar purin yang tinggi sebaiknya dihindari oleh pasien asam urat. Berikut akan dijabarkan daftar makanan yang sebaiknya dihindari.


Daging Merah
Daging merah seperti daging sapi, kambing, babi, bacon, termasuk makanan yang memiliki kadar purin yang tinggi. Penderita asam urat sebaiknya menghindari atau membatasi asupan makanan yang kadar purinnya tinggi.

Ikan Sarden dan Mackerel
Walaupun tinggi protein, ikan umumnya juga memiliki kadar purin yang tinggi. Ikan sarden, mackerel, tuna termasuk jenis ikan yang sebaiknya dihindari.

Udang
Selain jenis ikan, pada umumnya makanan laut termasuk golongan makanan dengan kadar purin tinggi. Selain itu, perlu diingat juga bahwa udang merupakan sumber makanan tinggi kolesterol, jadi sebaiknya konsumsi dibatasi demi kesehatan kita.

Sayur Bayam
Banyak orang berpikir bahwa sayuran adalah sumber mineral yang baik untuk kesehatan. Ya, memang benar. Tapi bagi penderita asam urat, harus berhati-hati, karena sayuran seperti asparagus, bayam memiliki kadar purin yang cukup tinggi.

Yang penting adalah mengontrol jumlah asupan makanan yang mengandung purin agar tidak berlebih.

Tahu Tempe
Tahu dan tempe dikenal sebagai makanan sehari-hari masyarakat Indonesia. Selain murah, tahu dan tempe juga merupakan sumber protein. Tapi, tahu tempe berbahan dasar kedelai yang merupakan sumber makanan yang tinggi purin.

Selain mengatur diet makanan, yang juga tak kalah pentingnya adalah melakukan pemeriksaan kadar asam urat dalam darah secara berkala. Umumnya dengan kombinasi diet yang tepat dan obat resep dari dokter, kadar asam urat dalam darah akan terkontrol dengan baik.

sumber : http://meetdoctor.com/article/5-makanan-yang-wajib-dihindari-penderita-asam-urat, akses tgl 11/11/2014.

Share To:

PERSAGI Bandung

Post A Comment:

0 comments so far,add yours