Selain enak, kentang juga jadi favorit banyak orang karena murah. Kentang bisa diolah dalam berbagai bentuk sesuai selera. Cara masaknya-pun beragam; ada yang digoreng, direbus, atau bisa juga dimasukkan ke dalam makanan lain seperti sup atau rendang.


Memasak kentang ternyata tidak semudah yang dibayangkan orang. Faktanya, banyak juga orang yang sering melakukan kesalahan dalam mengolahnya. Ini dia 6 kesalahan mengolah kentang yang sering dilakukan orang.

1. Menggunakan air panas saat menghaluskan mashed potatoes
Jika kamu menggunakan air panas maka kentang yang akan kamu buat mashed potato ini bisa overcooked. Hal tersebut juga bisa menyusahkanmu yang ingin mengolahnya lagi. Kesalahan lain yang sering dilakukan orang saat mengolah mashed potato adalah tidak memberi garam pada air. Seperti halnya pasta, air pada mashed potato seharusnya lebih dulu kamu berikan garam agar memiliki rasa.

2. Tidak menggunakan air dingin saat membuat potato salad.
Kebalikan dari mashed potato, jika kamu ingin membuat potato salad maka kamu harus menggunakan air dingin. Mengapa? Tentu agar kentangmu tidak hancur saat dicampurkan dan diaduk dengan baik. Menggunakan air dingin akan membuat kentangmu tetap memiliki bentuk awal dan tekstur yang tidak lembek.

3. Memasukkan kentang terlalu awal saat membuat sup kentang.
Jika kamu hendak menggunakan kentang dalam supmu, maka pastikan kamu tidak memasukkan kentangmu terlalu awal. Memasukkannya terlalu awal hanya akan membuat supmu menjadi bubur kentang karena kentang akan hancur dan terlalu lembek.

4. Kurang mencuci kentang dengan bersih saat membuat kentang goreng.
Jika kamu ingin membuat kentang goreng, maka pastikan kamu mencucinya dua sampai tiga kali karena hal tersebut berfungsi menghilangkan pati yang menempel pada kentang. Cara yang sebaiknya kamu gunakan adalah mendiamkannya di air selama 30 menit lalu bilas dengan air dua kali lagi. Setelah itu, pastikan kentangmu dalam keadaan benar-benar kering sebelum menggorengnya. Kalau perlu, diamkan kentang setelah dicuci untuk menghilangkan airnya atau gunakan tisu.

5. Tidak menusuk kentang dengan garpu saat membuat baked potatoes.
Saat membuat baked potatoes atau kentang panggang, banyak orang tidak menusuk kentang mereka dengan garpu. Padahal, menusuk kentang dengan garpu merupakan hal utama yang harus dilakukan saat kamu ingin membuat kentang panggang. Menusuknya dengan garpu akan membuat kematangan dalam kentangmu menjadi merata. Sebaliknya, jika tidak menusuknya kentangmu bisa jadi masih keras atau malah terlalu lembek.

6. Merebus kentang terlalu lama atau terlalu cepat.
kesalahan terakhir yang sering dilakukan orang dalam mengolah kentang adalah tidak tahu kapan harus berhenti merebusnya atau menahannya sedikit lagi dalam rebusan. Saat terlalu lama merebus kentang, jelas sekali kentangmu akan berubah menjadi bubur dan saat kamu merebusnya terlalu cepat, maka kamu akan memakan kentang mentah. kentang utuh berukuran besar membutuhkan waktu 40 menit untuk direbus. Sedangkan kentang yang sudah dipotong membutuhkan waktu 20 menit saja.

Bagaimana? Apa kamu juga pernah melakukan kesalahan mengolah kentang ini?

Stella Azasya
sumber : https://www.idntimes.com/food/dining-guide/stella/6-kesalahan-yang-sering-dilakukan-orang-saat-mengolah-kentang, akses tgl 23/01/2019.

Share To:

PERSAGI Bandung

Post A Comment:

0 comments so far,add yours