Bagi sebagian masyarakat perkotaan, makan di restoran sudah menjadi bagian dari gaya hidup. Maklum saja, dengan padatnya jadwal pekerjaan, mereka jarang untuk masak di rumah.


Nah, dengan makan di restoran atau membeli makanan di restoran menjadi alternatif pemecah masalah di sela-sela kesibukan mereka. Namun, apakah Anda tahu bahwa ternyata banyak benda di restoran yang menjadi sarang kuman.

ABC News pun menemukan benda mana saja di meja restoran yang paling kotor. Dilansir dari laman Reader's Digest, ABC News bekerja sama dengan para peneliti dari University of Arizona meneliti benda yang biasanya ada di meja restoran, seperti tempat garam dan merica, saus tomat, gula, dan menu untuk mengetahui kuman yang ada.

Dari penelitian itu, berikut ini hasilnya yang bisa membuat Anda terkejut:

1. Tempat gula, tercatat memiliki jumlah rata-rata bakteri terendah, dengan 2.300 organisme.

2. Tempat saus tomat, mustard, dan garam semua berada di tengah.

3. Tempat merica adalah barang dengan kuman tertinggi kedua dalam daftar, dengan hampir 11.600 organisme

4. Sedangkan menu, berada di puncak daftar barang paling kotor di restoran dengan 185 ribu organisme bakteri.

Mengapa barang-barang tersebut sangat kotor?

Jika Anda berpikir tentang berapa banyak menu yang dipegang oleh sejumlah tamu yang datang, itu masuk akal. Dr Chuck Gerba dari University of Arizona menjelaskan kepada ABC bahwa mungkin Anda bakal terpapar sekitar 100 kali lebih banyak bakteri pada menu daripada di tempat duduk toilet.

Lalu, bagaimana supaya Anda bisa tetap melindungi diri sendiri? Anda bisa tetap menyentuh menu itu, tetapi setelahnya Anda bisa mencuci tangan. Mencuci tangan secara teratur adalah salah satu cara terbaik untuk menangkal mikroorganisme yang berpotensi berbahaya bagi Anda. (asp)

Tim VIVA 
sumber : https://www.viva.co.id/gaya-hidup/kuliner/1109599-benda-di-meja-restoran-ini-ternyata-jadi-sarang-kuman, akses tgl 16/01/2019.

Share To:

PERSAGI Bandung

Post A Comment:

0 comments so far,add yours