Saat makan anggur, kita cenderung membuang bijinya. Padahal menurut penelitian, ekstrak biji anggur dapat mengembalikan daya ingat pada penderita pikun.

Grape Seed Polyphenolic Extract (GSPE) atau ekstrak polifenol biji anggur merupakan senyawa yang sangat bermanfaat untuk mengembalikan daya ingat pada orang lanjut usia. Bukan itu saja, GSPE juga mampu memperbaiki kemampuan berpikir dan berlogika.

Sejumlah penelitian menyatakan Alzheimer merupakan salah satu penyebab pikun, yang terjadi karena otak kelebihan senyawa oligomer yang dinamakan protein A-beta. Keberadaan senyawa ini menurunkan fungsi otak, khususnya dalam kaitannya dengan daya ingat.

Buah anggur memiliki senyawa penangkalnya, yakni polifenol yang selama ini diketahui terkandung dalam daging buahnya. Karena itu, minum jus anggur atau sari anggur hasil fermentasi diklaim bisa mengatasi Alzheimer maupun kepikunan secara umum.

Namun sebuah penelitian di Mount Sinai Medical School mengungkap, kandungan senyawa yang diyakini efektif memerangi pikun tidak hanya terdapat pada daging buahnya tetapi juga pada biji anggur. Ekstrak biji anggur yang disebut GSPE terbukti memberikan efek yang sama dengan sari buahnya.

"Temuan ini sangat menjanjikan untuk dipakai sebagai langkah preventif atau pencegahan dan sudah dites pada beberapa pasien Alzheimer," kata Dr Giulio M Pasinetti, kepala peneliti, seperti diberitakan Medicalnewstoday.

Alzheimer merupakan salah satu penyebab pikun pada warga usia lanjut, yang terjadi akibat fungsi otak yang makin menurun. Ciri paling umum pada gangguan ini adalah mudah lupa, lalu lama-kelamaan pasien juga kehilangan fungsi otak yang lain seperti kemampuan kognitif.

sumber : http://www.go4healthylife.com/articles/4585/1/Biji-Anggur-Efektif-Melawan-Pikun/Page1.html, akses tgl 10/08/2012.

Share To:

PERSAGI Bandung

Post A Comment:

0 comments so far,add yours