Ilmuwan berhasil menemukan cara untuk mencegah pisang cepat membusuk dan mampu membuatnya tetap segar hingga 12 hari, yakni dengan menyemprotkan hidrogel chitosan yang berasal dari cangkang kerang dan krustasea.

Inovasi ini dipamerkan di National Meeting & Exposition of the American Chemical Society di Philadelphia. Dr. Xihong Li adalah otak di balik semprotan tersebut.

Menurut dia, zat chitosan yang disemprotkan pada pisang hijau yang belum matang dapat membuat pisang tetap segar hingga 12 hari.

"Saat pisang mulai matang, pisang segera menguning dan menjadi lembek, lalu busuk. Kami membuat cara untuk menjaga pisang tetap hijau lebih lama dan menghambat pematangan yang biasanya terjadi dalam waktu cepat," katanya.

Semprotan itu dijamin aman oleh penciptanya, para peneliti dari Tianjin University of Science and Technology di China.

Chitosan menjaga buah dan sayuran tetap segar dengan membunuh bakteri yang membuat pembusukan terjadi.

Ini adalah penelitian pertama yang membuktikan bahwa zat tersebut bisa juga digunakan untuk memperlambat proses pematangan pisang.

Pisang biasanya dipindahkan saat masih berwarna hijau. Proses pematangannya bergantung pada kondisi hangat dan lembab, mirip dengan proses pematangan yang alami.

Pisang mulai matang saat bersentuhan dengan gas etena, zat kimia yang diproduksi sendiri oleh pisang. Itulah mengapa pisang lebih cepat matang bila disimpan dalam kantung tertutup sehingga gasnya terakumulasi.

Namun, para peneliti masih harus menyempurnakan lagi semprotan itu agar bisa digunakan untuk kebutuhan komersil, demikian seperti yang dikutip dari laman Medical Daily.(nan)

Editor: Heppy
sumber : http://www.antaranews.com/berita/329294/chitosan-bikin-pisang-tidak-cepat-busuk, akses tgl 02/09/2012.

Share To:

PERSAGI Bandung

Post A Comment:

0 comments so far,add yours