Sebuah penelitian tentang pisang dilakukan terhadap 200 pelajar di Sekolah Twickehnham, di Middlesex, Inggris. Kepada 200 pelajar itu diberikan makanan tambahan berupa pisang saat sarapan, istirahat, dan makan siang. Penelitian dilakukan menjelang waktu ujian.

Hasilnya, seperti diungkapkan oleh Dr. Ir. Sobir dari Pusat Kajian Buah-buahan Tropika Institut Pertanian Bogor, konsumsi pisang membantu proses belajar. Kalium yang terdapat pada pisang inilah yang berperan meningkatkan konsentrasi belajar anak. Selain itu, kandungan vitamin B yang cukup tinggi mampu mempertahankan aktivitas kerja sistem saraf. Hal inilah yang mendorong pelajar bisa berkonsentrasi lebih lama.

Kandungan vitamin dan mineralnya lebih unggul dibandingkan buah dan sayuran lain, terutama vitamin B6 (piridoskin), C, kalium, serat, dan mangan. Jika dibandingkan dengan apel, pisang mengandung empat kali lebih banyak protein, dua kali lebih banyak karbohidrat, tiga kali lebih banyak fosfor, lima kali lebih banyak vitamin A dan zat besi, serta dua kali lebih banyak vitamin dan mineral lainnya.

Selain sangat bermanfaat dalam mencegah stres, pisang juga meningkatkan daya pikir, mengobati radang cerna, serta menyehatkan mata.

Jadi, jangan lupa untuk mengonsumsi pisang setiap hari. (idebisnis)

author : Agus Surono
Sumber : http://intisari-online.com/read/daripada-apel-mending-pisang, akses tgl 07/10/2012.

Share To:

PERSAGI Bandung

Post A Comment:

0 comments so far,add yours