Gagal ginjal adalah suatu kondisi penurunan fungsi ginjal hingga akhirnya tak mampu bekerja sama sekali. Padahal fungsi ginjal sangat vital sebagai penyaring elektrolit tubuh serta menjaga keseimbangan cairan dan zat kimia tubuh.

Itu sebabnya penderita gagal ginjal harus menjalani terapi hemodialisis secara rutin seumur hidupnya untuk mengeluarkan limbah tubuh. Karena organ ini tak berfungsi lagi, konsumsi makanan juga harus dipertimbangkan secara cermat agar kondisi kesehatan tidak semakin menurun.

Menurut National Kidney and Urologic Diseases Information Clearinghouse (NKUDIC), penderita gagal ginjal sebaiknya berkonsultasi dengan ahli gizi untuk menentukan menu diet yang pas. Namun, yang paling utama, kata lembaga ini, ketika memilih makanan untuk menderita gagal ginjal, ingatlah untuk selalu:

1. Makan dalam jumlah seimbang makanan tinggi protein seperti daging, ayam, dan ikan.

2. Mengontrol jumlah potasium yang Anda makan. Beberapa buah-buahan seperti pisang dan jeruk, sayuran, cokelat, dan kacang-kacangan sebaiknya dihindari. Terlalu banyak potasium dapat berbahaya bagi jantung Anda.

3. Membatasi jumlah air yang dikonsumsi. Bila ginjal tidak bekerja, air menumpuk cepat dalam tubuh Anda. Terlalu banyak cairan membuat jaringan Anda membengkak dan dapat menyebabkan tekanan darah tinggi, gangguan jantung dan kram, serta tekanan darah rendah selama dialisis.

4. Menghindari garam. Makanan asin membuat Anda haus dan menahan air di tubuh Anda.

5. Membatasi makanan seperti susu, keju, dan kacang-kacangan yang dikeringkan. Makanan ini mengandung banyak mineral fosfor. Terlalu banyak fosfor dalam darah Anda menyebabkan kalsium ditarik dari tulang Anda, yang membuatnya lemah dan rapuh dan dapat menyebabkan radang sendi. Biasanya, untuk mencegah masalah tulang, dokter memberikan obat-obatan khusus yang harus dikonsumsi setiap hari.

NIDDK | INDAH P.
sumber : http://www.tempo.co/read/news/2014/06/02/060581725/Diet-untuk-Penderita-Gagal-Ginjal, akses tgl 04/06/2014.


Share To:

PERSAGI Bandung

Post A Comment:

0 comments so far,add yours