Etiket makan ​merupakan tata aturan bersantap yang perlu diketahui dalam pergaulan. Dari menaruh tangan di meja hingga menyantap sup ada aturannya.​


Dalam etiket makan Barat, aturan makan dimulai sejak duduk yang berupa posisi tangan saat di meja makan. ​

"Ketika Anda duduk, Anda dapat mengepal kedua jari tangan. Tangan sebelah kiri menunjukkan huruf B, dimana Anda bisa mengambil bread atau butter di​ ​sebelah kiri. Sedangkan tangan kanan membentuk huruf D atau drink. Sehingga minuman ​untuk​ Anda ada di​ ​sebelah kanan," jelas Yudiantoro, selaku Director of Banquet Operations Shangri-la Hotel Jakarta​ pada Weekend In Style (24/10/15) yang diadakan Shangri-la Jakarta.​

Sedangkan untuk ​​s​et up menu ada 3 jenis yaitu basic, standar​ ​dan elaborate set up. “Untuk jamuan makan formal, kita selalu memakai elaborate set up,” tambahnya.

Pada bagian kiri, tersaji piring yang digunakan untuk roti dan pisau untuk mengoleskan butter. “Untuk penggunaan alat makan, Anda dapat menggunakannya dari bagian terluar kemudian ke dalam,” jelas pria yang biasa disapa Yudi.

Menu pembuka yang pertama dinikmati adalah Caprese. Sajian ini terdiri dari potongan buah tomat ceri, Australian mozarella, potongan asparagus, bit, basil dan disiram dengan minyak zaitun dan saus pesto yang enak. Kemudian disusul dengan Potato Leek Soup yang kental gurih dengan tambahan irisan daun bawang.

Main course-nya berupa​ Braised Medallion Beef yang super empuk dengan siraman saus lada hitam. D​i​tambahkan dengan kailan dan wortel. Hidangan penutupnya tersaji spesial yaitu Raspberry and Chocolate Mille Feuille yang disajikan dengan saus strawberry dan blackpepper salsa.

Puas menyantap semua makan​ peralatan makan harus diletakkan kembali dengan benar.

“Untuk menghindari kebingungan pramusaji atau server, sebaiknya letakkan sendok sup pada bagian luar mangkuk setelah selesai makan. Sedangkan untuk appetizer dan main course taruh garpu dan pisau sejajar di bagian bawah sebelah kanan dengan posisi terbuka,” jelas pria berkacamata ini pada para peserta table manner.

Lusiana Mustinda
sumber : https://food.detik.com/berita-boga/d-3052686/etiket-makan-dasar-ini-perlu-diketahui-saat-bersantap-resmi, akses tgl 23/12/2018.

Share To:

PERSAGI Bandung

Post A Comment:

0 comments so far,add yours