Menjadi sehat itu pilihan. Menjadi sehat itu tidak mahal. Banyak hal kecil yang sebenarnya bisa dilakukan untuk menjaga tubuh tetap sehat tanpa harus mengeluarkan banyak biaya. Tinggal yang memutuskan mau melakukannya atau tidak.


Bagi yang ingin memulai untuk mendapatkan tubuh yang sehat, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan di rumah di pagi hari. Berikut di antaranya dilansir laman New York Post, Selasa 11 Juli 2017.

Minum air putih
"Kita terjaga dalam keadaan dehidrasi. Tingkat dehidrasi kecil saja dapat membuat tubuh kekurangan tenaga dan memperlambat metabolisme," ujar Alissa Rumsey, MS, RD, dietitian asal New York. Oleh karena itu, usahakan untuk meminum air putih setelah bangun pagi untuk menambah tenaga di pagi hari.

Meditasi
"Luangkan beberapa menit di pagi hari untuk duduk sejenak untuk membantu memfokuskan pikiran dan menurunkan stress di pagi hari," ujar KAra Lydon, RD, RYT, dietitian dan guru yoga di The Foodie Dietitian, Boston, Amerika Serikat.

Kata Kara, sebuah studi menunjukkan bahwa meditasi dapat memengaruhi otak terutama yang berkaitan dengan kesadaran, empati, kecerdasan, ingatan dan perasaan.

Konsumsi buah dan sayur
Sudah tidak perlu dipertanyakan mengapa hal ini sebaiknya diamalkan setiap hari. Buah dan sayur bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan gizi setiap hari.

Peregangan
Menurut Ryan Whitcomb, RD, CLT, pemilik GUT RXN Nutrition, peregangan di pagi hari dapat memperlancar peredaran darah dan menghilangkan sisa-sisa kantuk. Tak hanya itu, peregangan juga baik untuk Anda yang menghabiskan waktu duduk seharian bekerja di depan komputer. Peregangan baik untuk tulang belakang.

Sarapan dengan serat
Ada baiknya mencoba untuk mengonsumsi makanan kaya serat seperti olahan gandum utuh di pagi hari. Ketimbang karbohidrat, makanan kaya serat dapat membuat perut kenyang lebih lama sehingga saat siang hari tidak terlalu kelaparan dan kalap saat jajan.

Oleh : Rochimawati, Putri Firdaus
sumber : http://life.viva.co.id/news/read/934110-ingin-sehat-tanpa-biaya-lakukan-ini-dipagi-hari, akses tgl 12/07/2017.

Share To:

PERSAGI Bandung

Post A Comment:

0 comments so far,add yours