PKPU Human Initiative Jawa Tengah


Kampung Nutrisi adalah sebuah program gizi berbasis masyarakat yang fokus pada proses rehabilitasi malnutrisi dan pemeliharaan status gizi balita binaan. Program ini merupakan upaya penciptaan lingkungan yang kondusif bagi penyehatan balita melalui pelibatan masyarakat. Pelibatan masyarakat dilakukan agar masyarakat mampu terlibat dan berkontribusi aktif pada setiap program dengan dilandasi kemauan untuk menerapkan perilaku sadar gizi dalam kehidupan sehari-hari. Program ini memberikan intervensi Pemberian Makanan Tambahan Pemulihan (PMT-P) dengan memanfaatkan sumber daya lokal dan pendampingan intensif bagi ibu balita dab ibu hamil.

Dalam pelaksanaannya, program ini menjangkau 1 posyandu dengan kapasitas layanan mencapai 10-15 orang balita gizi buruk dan kurang beserta ibu balita. Selain itu juga menjangkau posyandu umum balita dengan kapasitas 70-100 balita. Proses screening status gizi balita yang intens memungkinkan menjaring anak yang mengalami kekurangan gizi lebih banyak untuk diintervensi khusus dengan memberikan makanan tambahan pemulihan.

Program ini dilaksanakan di Kelurahan Meteseh. Kelurahan Meteseh  adalah salah satu kelurahan yang termasuk dalam wilayah kecamatan Tembalang. Kelurahan Meteseh memiliki luas area sekitar 498, 669 ha. Kelurahan ini merupakan salah satu kelurahan yang padat penduduk yang terdiri dari 176 RT dan 29 RW.

Berdasarkan data monografi kelurahan tahun 2013, jumlah penduduk di kelurahan ini sebanyak 18.081 jiwa dengan komposisi laki-laki sebanyak 8.505 jiwa dan perempuan sebanyak 8.576 jiwa. Mata pencaharian penduduk sangat beragam mulai dari PNS, karyawan, petani, pedagang, buruh, kuli bangunan,dll. Rata-rata pemukiman warga terbuat dari bangunan permanen dan semi permanen (kayu).

Desa Genting merupakan bagian  dari Kelurahan Meteseh, Kecamatan Tembalang. Wilayah ini terdiri dari 5 RT. Jumlah penduduk Desa Genting adalah 280 KK dengan mata pencaharian sebagian besar penduduk adalah sebagai buruh bangunan. Rata-rata pemukiman warga terbuat dari bangunan permanen dan semi permanen (kayu). Berdasarkan data dari Puskesmas Rowosari dan Ketua Kader Posyandu di Desa Genting terdapat satu posyandu aktif yang menjangkau pelayanan di 5 RT. Jumlah total balita di posyandu tersebut adalah 95 balita dengan tingkat kehadiran aktif adalah 60-70 balita. Di posyandu ini terdapat 6 balita gizi kurang dan 2 balita gizi buruk.

Created by Abhy Hikmatyar
sumber : https://www.youtube.com/watch?v=sJMMicCz1Ls, akses tgl 17/01/2019.

Share To:

PERSAGI Bandung

Post A Comment:

0 comments so far,add yours