Makanan pendamping air susu ibu sangat dibutuhkan bayi untuk menunjang tumbuh kembangnya, namun banyak ibu yang masih bingung untuk memilih (MPASI) yang baik. 


Berikut ini adalah MPASI yang mudah didapat dan sangat baik untuk tumbuh kembang bayi, khususnya yang berusia di atas satu tahun.

Bahan makanan pertama adalah buah pisang. Pisang adalah buah yang karbohidratnya mudah untuk dicerna tubuh, sehingga sangat baik untuk pencernakan bayi Anda.

Bayi usia di atas satu tahun juga bisa mendapat asupan protein dari telur. Telur sebagai salah satu sumber protein, sangat berguna untuk mendukung pertumbuhan sistem saraf dan otak bayi. Selain itu, telur juga mengandung banyak nutrisi penting, serta vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh.

Bahan pangan yang ketiga adalah wortel, yang kaya akan betakaroten. Betakaroten di dalam tubuh akan berubah menjadi vitamin A, yang sangat baik untuk perkembangan kesehatan pengelihatan bayi Anda.

Selain wortel, sayuran lain yang dapat dijadikan MPASI adalah bayam. Sebagai sayuran hijau, bayam banyak mengandung zat besi, kalsium, asam folat, serta vitamin A dan C, yang sangat berguna untuk pertumbuhan otak dan tulang.

Yoghurt adalah bahan pangan kelima yang dapat dijadikan MPASI, karena produk turunan dari susu ini banyak mengandung kalsium, protein serta fosfor. Kandungan tersebut sangat dibutuhkan oleh bayi karena dapat mendukung pertumbuhan tulang dan otot bayi.

Selain itu, prebiotik yang terkandung di dalam yoghurt berfungsi untuk meningkatkan sistem imunitas bayi, seiring dengan meningkatnya kemampuan bayi untuk mencerna makanan.(M048)

Editor: Aditia Maruli
sumber : http://www.antaranews.com/berita/329656/kenapa-pisang-wortel-bayam-bagus-untuk-balita, akses tgl 02/09/2012.

Share To:

PERSAGI Bandung

Post A Comment:

0 comments so far,add yours