Akhir-akhir ini, cuaca panas terus terjadi sehingga mengakibatkan kekeringan di beberapa daerah. Cuaca yang panas itu tentu saja dapat memengaruhi aktivitas sehari-hari. 


Lantas, jenis makanan apakah yang paling tepat untuk melawan cuaca panas akhir-akhir ini? Sayur dan buah yang memiliki kandungan air tinggi--biasanya mentimun, semangka, atau seledri--adalah makanan yang ideal untuk mengatasi cuaca panas.

Peneliti American Chemical Society (ACS) Sara Risch mengatakan hal itu terjadi karena makanan tersebut dapat menjaga mineral penting, vitamin, magnesium dan kalsium sehingga mampu menahan serta mencegah dehidrasi.

Adapun minuman-makanan dingin atau yang menggunakan es, lanjut Risch, pada dasarnya tidak cukup bagus untuk melawan cuaca panas. Minuman-makanan dingin memang dapat segera memberi sensasi segar, tapi akan membuat bagian tubuh lain mengalami shock dan berakibat negatif bagi tubuh.

"Meskipun godaannya besar, jadi lebih baik menghindari sesuatu yang terlalu dingin," kata Risch.

Selain itu, Risch pun menambahkan segelas cangkir teh hangat juga dapat membantu tubuh melawan cuaca yang panas. (Zee News/DK/OL-9)

Penulis : Dika Dania Kardi
sumber : http://www.mediaindonesia.com/read/2012/08/25/343292/291/7/Lawan-Cuaca-Panas-dengan-Mentimun-dan-Semangka, akses tgl 01/09/2012. 


Share To:

PERSAGI Bandung

Post A Comment:

0 comments so far,add yours