PENYAKIT hipertensi bisa terjadi pada siapa saja dan tak mengenal umur. Penyakit hipertensi disebabkan tekanan darah tinggi. Kendati demikian, seseorang yang berpotensi mengidap penyakit hipertensi ada baiknya selalu menjaga pola makan mereka, agar tidak memperparah kondisinya. Lantas apa saja makanan yang dibolehkan untuk para pasien hipertensi.


Seperti yang dilansir Timesofindia, Selasa (31/3/2015), ini dia empat jenis makanan yang harus rajin dikonsumsi pasien hipertensi.

Buah dan sayur
Setidaknya, dalam satu hari pasien hipertensi harus mau mengonsumi empat sampai lima porsi buah dan sayuran. Karenanya, mereka merupakan sumber alami yang sangat baik dari mikronutrien penting seperti vitamin dan mineral, serta kaya akan serat. Selain itu, buah dan sayur menjadi sumber kalium yang dapat membantu menurunkan tekanan darah. Misalnya, buah yang baik untuk hipertensi yaitu buah bit.

Biji-bijian
Pasien hipertensi disarankan untuk menghindari makanan yang terbuat dari tepung. Begitu juga Anda harus menghindari lemak jenuh seperti mentega, keju dan krim. Untuk itu, Anda disarankan untuk mengonsumsi gandum, biji-bijian dan kacang-kacangan yang dapat meningkatkan kolesterol sehat.

Seafood
Pasien hipertensi butuh makanan dengan protein berkualitas tinggi seperti putih telur, daging tanpa lemak, makanan laut, ikan yang mengandung asam lemak omega 3 yang membantu dalam menurunkan tekanan darah tinggi.

Air kelapa
Air kelapa segar adalah minuman lezat dan bergizi yang juga telah terbukti efektif untuk menurunkan tekanan darah. Dalam satu penelitian, efek baik dari air kelapa jika dikonsumsi secara signifikan dapat menurunkan tekanan darah sebanyak 71 persen.(ren)

Dewi Kania
Jurnalis
sumber : http://lifestyle.okezone.com/read/2015/03/31/481/1127093/makanan-yang-wajib-disantap-oleh-pasien-hipertensi, akses tgl 31/03/2015.

Share To:

PERSAGI Bandung

Post A Comment:

0 comments so far,add yours