Kulit pisang sering membuat orang jatuh terpeleset saat menginjaknya, sehingga dianggap sebagai sampah yang paling menyebalkan. Padahal sebenarnya kulit pisang punya beragam manfaat, mulai dari mengobati kutil hingga mengkilapkan sepatu.


Salah satu manfaatnya adalah memurnikan air. Menurut sebuah penelitian di jurnal Industrial & Engineering Chemistry Research, kulit pisang bisa menyaring logam berat terutama timbal (Pb) dan tembaga (Cu).

Dalam penelitian tersebut, kulit pisang yang digunakan tidak dimodifikasi melainkan hanya dicincang kecil-kecil lalu dimasukkan ke dalam air yang tercemar. Cincangan kulit pisang bisa dugunakan hingga 11 kali tanpa kehilangan kemampuannya untuk menyerap logam berat.

Sementara itu dikutip dari Re-nest.com, masih banyak manfaat lain dari kulit pisang selain untuk memurnikan air. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Meredakan nyeri
Minyak nabati yang terkandung dalam kulit pisang punya senyawa tertentu yang berkhasiat sebagai pereda nyeri. Tempelkan kulit pisang yang bersih dan masih segar untuk mengurangi rasa nyeri pada luka bakar atau tergores.

2. Mengatasi gatal
Gatal-gatal akibat gigitan serangga atau alergi ringan bisa diatasi dengan kulit pisang. Caranya cukup dengan menempelkannya di permukaan kulit yang terasa gatal.

3. Mengobati kutil
Kulit pisang diyakini punya aktivitas antivirus, sehingga banyak yang menggunakannya untuk mengusir kutil dari permukaan kulit. Caranya dengan menempelkan kulit pisang, lalu ditahan dengan plester dan dibiarkan hingga sembuh dengan sendirinya. biasasnya membutuhkan waktu 10 hari.

4. Mempercepat kesembuhan luka
Luka yang sudah mulai kering terasa gatal karena tertutup serpihan kulit mati yang mengeras. Serpihan itu bisa dihilangkan lebih cepat hanya dengan mengoleskan kulit pisang, karena akan bereaksi dengan enzim yang terkandung di dalamnya.

5. Menyuburkan tanah
Tidak hanya untuk campuran kompos, kulit pisang bisa langsung ditimbun begitu saja ke dalam tanah untuk menyuburkan tanaman di sekitarnya. Kulit pisang memiliki kandungan potassium yang sangat dibutuhkan dalam pertumbuhan tanaman.

6. Mengkilapkan tanaman hias
Berbagai tanaman hias semacam anthurium, gelombang cinta dan sejenisnya akan lebih menarik jika daunnya tampak hijau mengkilap. Gunakan sisi dalam kulit pisang yang teksturnya lunak untuk memolesnya, maka dedaunan itu akan mengkilap dan lebih tahan lama.

7. Mengkilapkan sepatu
Tidak perlu panik jika suatu saat kehabisan semir sepatu, asalkan ada pisang di lemari es. Kupas biuahnya, lalu gunakan kulitnya untuk memoles sepatu kulit agar tampak mengkilap seperti habis disemir.

8. Menyembuhkan Sakit Kepala
Manfaat lain dari kulit pisang adalah bisa menyembuhkan sakit kepala. Belum pernah tahu kan? Kulit pisang yang ditumbuk halus dan ditempel pada dahi ternyata ampuh menyembuhkan sakit kepala.

9. Menghilangkan Keriput
Kulit pisang juga ampuh menghilangkan keriput. Tumbuk kulit pisang sampai halus, lalu tempelkan pada bagian kulit yang berkerut.

Manfaat lainnya 

  1. Dapat meningkatkan kadar serotonin.
  2. Baik untuk kesehatan mata.
  3. Sebagai antioksidan alami.
  4. Mengurangi resiko degenerasi makula.
  5. Mengurangi resiko terkena penyakit mata katarak.


Cara Penyajian Secara Umum

Bagaimana cara mengkonsumsi kulit pisang ini? Banyak sekali cara yang bisa kita gunakan untuk mengkonsumsi kulit pisang yang kaya akan manfaat ini, dan yang paling mudah dan sering adalah dengan cara di jus bersamaan dengan buah yang lainnya. Langkahnya sangat mudah, yaitu dengan mencincang kulit pisang kecil – kecil, kemudian dimasukkan ke dalam blender dengan buah lainnya kemudian blender selama beberapa menit. Cukup mudah bukan untuk mendapatkan manfaat dari kulit pisan ini.

sumber : http://www.jurnalhajiumroh.com/post/sana-sini/-manfaat-kulit-pisang-dari-menyaring-logam-berat-hingga-pengobatan, akses tgl 29/06/2013.

Share To:

PERSAGI Bandung

Post A Comment:

0 comments so far,add yours