Buah pir, yang masuk keluarga mawar dan berhubungan erat dengan apel, memiliki manfaat besar bagi kesehatan. Buah ini banyak jenisnya, mulai dari berwarna cokelat, hijau, kuning dan merah.


Pir merupakan buah bergizi tinggi, dipercaya bisa mencegah gangguan paru dan kanker perut (lambung). Buah ini cocok bagi siapa saja, bahkan untuk mereka yang alergi makanan. Buah berbentuk eksotis ini dipercaya bisa mengurangi risiko degenerasi makula terkait usia dan menurunkan risiko kerusakan arteri.

Sebuah penelitian baru menemukan bahwa antioksidan quercetin yang ditemukan dalam kulit buah pir, dapat membantu dalam melindungi terhadap penyakit Alzheimer. Pir mengandung boron yang digunakan oleh tubuh untuk mempertahankan kalsium. Karenanya, bisa jadi buah ini dapat membantu mencegah osteoporosis.

Karena kandungan serat yang tinggi, pir bisa membantu mengurangi risiko kanker usus besar. Glutathione adalah antioksidan dan anti-karsinogen yang ditemukan dalam buah pir, yang membantu melindungi terhadap tekanan darah tinggi dan stroke. Karena tingkat tinggi fruktosa dan glukosa, pir juga merupakan sumber alami dari energi.

Ada beberapa nutrisi dalam buah pir seperti vitamin A, B1, B2, asam folat, niasin, C dan E. Mineral seperti kalium, tembaga dan fosfor juga ditemukan dalam pir. Kalsium, besi, magnesium, sulfur, klorin dan natrium yang hadir dalam jumlah yang lebih rendah. Varietas tertentu pir memiliki kandungan besi yang lebih tinggi. Ketika Anda memotong pir dan berubah warna menjadi coklat, itu berarti bahwa itu adalah kaya akan zat besi.

Apa sajakah manfaat buah pir yang mungkin tidak Anda duga? Berikut ini di antaranya seperti dirangkum Diethealthclub:

1. Mengatasi sembelit
Pir mengandung pektin yang memiliki efek pencahar ringan pada tubuh. Anda dapat menggunakan pir untuk sembelit dengan langsung memakannya atau menjadikannya sebagai jus.

2. Menjaga berat badan
Anda juga dapat menggunakan pir untuk menurunkan berat badan. Pir hanya mengandung 103 kalori dan karenanya merupakan camilan rendah kalori yang sehat. Makanlah buah pir pada malam hari untuk mencegah rasa lapar. Pir mengandung banyak serat dan karenanya mereka membuat Anda merasa kenyang untuk jangka waktu yang lama. Ini akan mencegah Anda mengonsumsi makanan berkalori tinggi. Menjaga berat badan yang sehat juga membantu mengurangi risiko penyakit jantung.

3. Mengatasi jerawat
Pir sering direkomendasikan untuk mengontrol jerawat berkat kandungan mineral dan vitaminnya dalam jumlah tinggi. Minum jus buah pir merupakan cara untuk membantu memperkenalkan nutrisi ini dengan mudah ke dalam aliran darah. Mineral membantu dalam menetralisir asam kulit dan mengatur keseimbangan pH kulit. Hal ini bermanfaat dalam mencegah dan mengobati jerawat. Jus buah pir segar membantu untuk menghancurkan bakteri dalam tubuh dan juga membantu dalam pencernaan protein dan lemak. Hal ini efektif untuk membersihkan tubuh dan mencegah racun dari membangun.

4. Mengelola refluks asam
Anda dapat menggunakan pir untuk mengontrol refluks asam karena buah ini membantu untuk menyerap asam lambung berlebih.

5. Mengontrol kolesterol
Karena pir mengandung pectin dalam jumlah tinggi, disarankan menggunakan pir untuk kontrol kolesterol. Pektin bersama dengan serat membantu menurunkan kadar kolesterol. Kulit luar pir juga mengandung pektin dan karena itu dianjurkan untuk menghindari mengupas kulit pir saat mengonsumsinya.

6. Mengelola diabetes
Sejumlah dokter menyarankan pir untuk penderita diabetes karena buah ini rendah kalori dan karbohidrat. Satu buah pir mengandung sekitar 100 kalori dan 26 gram karbohidrat. Mengontrol kalori dan asupan karbohidrat membantu untuk menjaga tingkat gula darah dalam posisi seimbang. Suka camilan manis dapat menyebabkan ketidakseimbangan kadar gula darah pada penderita diabetes. Nah, pir berfungsi sebagai memperlakukan manis yang sehat yang dapat memuaskan gigi manis sambil menjaga kadar glukosa darah terkontrol. Anda bahkan bisa menjadikan pir sebagai kudapan sehat yang juga lezat dengan menambahkan krim bebas lemak dan gula.

7. Meningkatkan kesuburan
Beberapa wanita mungkin merasa sulit untuk hamil karena fluktuasi kadar insulin. Salah satu cara untuk menyeimbangkan kadar insulin adalah dengan makan buah-buahan segar. Buah mengandung gula alami yang bermanfaat bagi sistem reproduksi. Ini adalah alasan mengapa beberapa ahli kesehatan merekomendasikan pir untuk kesuburan. Pir juga memasok tubuh dengan vitamin dan mineral yang meningkatkan kekebalan tubuh dan membantu dalam kesuburan.

Redaksi Go4HealthyLife.com
sumber ; http://www.go4healthylife.com/articles/6818/1/Manfaat-Pir-dari-Mengatasi-Sembelit-Hingga-Meningkatkan-Kesuburan-Bagian-1/Page1.html, akses tgl 17/06/2013.


Bagian 2


Share To:

PERSAGI Bandung

Post A Comment:

0 comments so far,add yours