Mengkonsumsi terlalu banyak minuman ringan bergula tampaknya bisa menaikkan risiko tekanan darah tinggi, demikian menurut para ahli yang dilansir "BBC". Temuan itu menunjukkan, tekanan darah meningkat secara bertahap untuk setiap kaleng minuman manis tambahan yang diminum per hari.

Meminum lebih dari 355 ml jus buah yang dimaniskan dengan gula atau minuman soda bergula bisa cukup mengganggu keseimbangan. Kesimpulan itu diambil dari data survei terhadap 2.500 responden.

Penelitian oleh ilmuwan di Inggris dan Amerika itu diterbitkan di jurnal Hypertension. Bagaimana minuman bergula dan tekanan darah tinggi berkaitan masih belum jelas, tetapi para ilmuwan yakin terlalu banyak gula di dalam darah bisa mengganggu pembuluh darah dan tingkat garam di dalam tubuh. Tetapi minuman diet yang tidak dimaniskan dengan gula tidak memiliki risiko sebesar itu.

Dalam empat kesempatan berbeda, para responden yang berusia 40-59 tahun di Inggris dan Amerika diminta mencatat apa yang mereka makan selama 24 jam sebelumnya dan memberikan sampel urin serta level tekanan darah mereka. Para ilmuwan menemukan kadar gula tertinggi di kalangan mereka yang mengkonsumsi lebih dari satu minuman bergula per hari.

Mereka juga menemukan bahwa individu yang mengkonsumsi lebih dari satu takar minuman bergula per hari mengkonsumsi lebih banyak kalori dari orang-orang yang tidak meminum minuman yang bergula, yaitu sekitar 397 kalori tambahan per hari.

Bagi setiap kaleng minuman bergula tambahan yang dikonsumsi per hari, para responden rata-rata memiliki tekanan darah sistolik yang lebih tinggi dengan perbedaan 1,6 mmHg dan tekanan darah diastolik yang lebih tinggi sebesar 0,8 mmHg.

Secara keseluruhan, orang-orang yang meminum banyak minuman bergula tampaknya juga memiliki kebiasaan makan yang kurang sehat dan cenderung memiliki kelebihan berat badan. (A-147)***

sumber : http://www.pikiran-rakyat.com/node/136837, akses tgl 02/03/2011 

Share To:

PERSAGI Bandung

Post A Comment:

0 comments so far,add yours