Gelatin sering dipakai sebagai salah satu bahan dalam pembuatan makanan olahan. Fungsi utama dari gelatin adalah untuk membuat rasa makanan menjadi kenyal. Gelatin ini sering ditemukan pada permen, jelly, puding, Yogurt, es krim, obat-obatan dan kapsul vitamin dan sejenisnya. Nah tahukah Anda dari apa gelatin itu terbuat dan bagaimana proses pembuatannya?


Sebuah situs bernama fooduncovered menunjukkan bagaimana gelatin itu dibuat hingga kemudian menjadi makanan. Disebutkan kalau gelatin, diekstraksi terutama dari sapi, babi dan hewan lainnya, dari bagian tulang, ligamen, kulit, tendon dan sejenisnya. Situs tersebut menyebut kalau gelatin tak ubahnya seperti “tumpukan mayat tulang-tulang.”


Bahkan untuk gelatin yang digunakan dalam industri, disebut oleh situs tersebut diekstrak dari kulit sampah yang lebih murah. “Anda tidak ingin melihatnya, apalagi jika itu berada dalam mulut Anda,” ungkap situs itu lagi.


Karena itulah sebaiknya para produsen makanan pun beralih dengan pembuatan gelatin dari bahan sayuran. Untuk konsumen pun diharapkan waspada pada makanan olahan yang terdapat unsur gelatine. Bagi kaum muslim khususnya perlu mengetahui apakah makanan berbahan gelatin itu telah disertifikasi halal atau tidak.

Redaktur: Idris
sumber : http://news.fimadani.com/read/2015/07/10/ngeri-foto-proses-pembuatan-gelatin-dari-tulang-hingga-jadi-makanan/, akses tgl 08/04/2016.

Share To:

PERSAGI Bandung

Post A Comment:

0 comments so far,add yours