Menurut pakar obesitas dari Light House, dr Grace Judio-Kahl, penanganan yang paling baik untuk kasus obesitas ekstrem adalah dengan operasi pemotongan lambung atau bariatric surgery, seperti yang pernah dilakukan pada Aria, bocah obesitas asal Karawang, beberapa waktu lalu.


"Harus operasi, bariatric surgery. Kalau diet akan susah sekali. Apalagi kalau edukasinya susah. Kalau edukasinya susah akan jauh lebih sulit menangani," katanya, ditemui di Jakarta Selatan, Rabu (9/1/2019).

Menurut dr Grace, kalau berat badan seseorang berkisar 100-an kg masih memungkinkan untuk melakukan diet. Namun jika bobotnya di atas 150 kg, selain operasi, orang juga harus memiliki motivasi yang kuat jika ingin menurunkan berat badan.

"Dari pengalaman saya, kalau orang itu bisa di edukasi dan situasi mendukung dia bisa turun berat badannya," tambahnya.

dr Grace berujar, orang yang mengalami obesitas ekstrem harus mendapat support dari sekitarnya agar bersemangat dalam proses penurunan berat badan.

"Kalau beratnya 300-an, akan lebih baik kalau potong lambung," pungkasnya.

Khadijah Nur Azizah
sumber : https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-4377862/obesitas-di-atas-150-kg-tak-cukup-cuma-diet-disarankan-operasi-lambung, akses tgl 10/01/2019.

Share To:

PERSAGI Bandung

Post A Comment:

0 comments so far,add yours