Indonesia dikenal memiliki keanekaragaman hayati. Sejak zaman dahulu, nenek moyang sering menggunakan tanaman obat-obatan sebagai penyembuh rasa sakit. Kini, tanaman berkhasiat obat mulai banyak diteliti kandungan berkhasiatnya.


Salah satunya adalah tanaman sambiloto. Meskipun memiliki rasa yang pahit, sambiloto memiliki manfaat besar bagi para penyadang pradiabetes.

"Kandungan dalam sambiloto itu ada andrografolid dan flavonoid, nah kandungan ini yang memiliki potensi untuk meningkatkan inkritin atau stimulator sekresi hormon insulin selain stimulasi yang terjadi setelah penyerapan nutrisi yang menyebabkan peningkatan rasio gula darah," ujar Dr dr Tri Juli Edi Tarigan, SpPD-KEMD, saat ditemui detikHealth seusai sidang promosi doktoralnya di Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, Rabu (9/1/2019).

Menurut Dr Tri Juli, perannya ini namanya GLP-1 receptor ligan. Di reseptor GLP-1 ini berikatan pada tempat tertentu, nah pada saat GLP-1 berikatan seperti tempat klasik dengan adanya tambahan inkretin, maka produksi insulinnya akan lebih banyak dibandingkann dengan hanya pemberian GLP-1.

"Kandungan yang dimiliki tanaman pahit ini, dapat memungkinkan untuk penyandang pradiabetes menjadi normal, namun tetap harus dibarengi oleh lifestyle changing, yaitu rutin berolahraga," pungkas Dr Tri Juli.

Kireina S. Cahyani
sumber : https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-4378250/pahitnya-sambiloto-penangkal-gejala-kencing-manis, akses tgl 13/01/2019.

Share To:

PERSAGI Bandung

Post A Comment:

0 comments so far,add yours