Mengkonsumsi tomat rebus ternyata sangat berguna bagi pria. Bahkan lebih bermanfaat ketimbang mengkonsumsi tomat mentah. "Soalnya, kalau direbus, likopen dalam tomat akan keluar," kata dokter ahli gizi klinis, Samuel Oetoro, dalam diskusi di toko buku Kinokuniya, Rabu, 13 Februari 2013.


Setelah direbus, tomat tersebut perlu ditambahkan minyak agar mudah diserap usus. "Campurannya, ya, minyak yang sehat seperti minyak zaitun atau minyak kanola," kata dokter yang berpraktek di MRCCC Siloam Hospitals Semanggi ini. Kenapa Likopen ini penting?

Likopen, kata Samuel, memiliki efek hipertropi pada prostat yang hanya terdapat pada pria. Tapi, matriks senyawa fitokimia ini susah terurai jika tomat dimakan mentah. "Ikatannya tidak bisa terlepas kalau tidak dipanaskan," ujar Samuel. Jadi, untuk mendapatkan zat aktif ini terpaksa harus mengorbankan senyawa aktif lain yang ada di tomat, seperti Vitamin C dan A yang akan hilang jika dipanaskan.

Untuk menggantikan dua pengorbanan vitamin tersebut, Samuel menyarankan, agar para pria juga mengkonsumsi aneka buah dan sayuran lain. Jadi, kehilangan vitamin bisa tercukupi. "Setidaknya 10 macam buah dengan aneka warna," dia menambahkan.

Nah, bagi kaum perempuan, Samuel memberikan pilihan. Bisa meniru dengan mengambil manfaat likopen atau boleh juga untuk tetap mengkonsumsi yang mentah demi vitamin A dan C yang tak tahan panas.

Pola konsumsi tomat rebus itu pun sudah dijalani Erwin Parengkuan. Pembawa acara, penyiar radio, dan dosen ini selalu mengkonsumsi tomat rebus. "Saya minum tiga buah tomat rebus setiap hari," kata ayah empat anak ini. Saban hari, asisten rumah tangganyalah yang ditugasi membuat minuman tanpa rasa itu. Tapi, pria 43 tahun ini tak jemu untuk mengkonsumsi tomat rebus serta bubur kacang hijau tanpa rasa. "Saya sadar ini untuk tubuh saya," kata dia

DIANING SARI
sumber : http://www.tempo.co/read/news/2013/02/15/060461640/Tomat-Rebus-Lebih-Berguna-untuk-Pria, akses tgl 16/02/2013.

Share To:

PERSAGI Bandung

Post A Comment:

0 comments so far,add yours