SEBUAH penelitian dari Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Colorado, AS, menunjukkan ibu hamil yang menjalankan diet akan berdampak buruk pada pertumbuhan indra penciuman, perasa, dan pembentukan otak bayi yang dilahirkan. 


Selain itu, diet berpengaruh pada pola makan dan minum bayi di masa depannya. "Karena itu, penting bagi para ibu hamil dan menyusui untuk menjaga pola makan dan menahan diri dari minuman alkohol. Jika pola makan ibu sehat, anaknya pun kelak cenderung memilih makanan sehat," kata Josephine Todrank, ketua tim peneliti.

Para peneliti melakukan uji coba pada tikus dan mengajarkan binatang itu menyukai makanan sehat. Hasilnya ada perubahan struktur otak bagian penciuman dan perasa yang signifikan pada tikus.

"Apa yang dihasilkan dari ketuban dan ASI menjadi salah satu pembentuk saraf untuk penciuman dan perasa pada bayi. Walaupun penelitian dilakukan pada mamalia, hasilnya diyakini sama dengan manusia," kata Diego Restrepo, Wakil Direktur Pusat Ilmu Neurotik FK Universitas Colorado. (Science Daily/*/X-8)

sumber : http://www.mediaindonesia.com/read/2010/12/08/186634/78/22/Diet-Ibu-Hamil-Pengaruhi-Otak-Bayi, akses tgl 08/12/2010.

Share To:

PERSAGI Bandung

Post A Comment:

0 comments so far,add yours