Jurusan yang ditawarkan di program beasiswa Swedish Institue Study Scholarship (SISS) sangat banyak. Dari banyaknya jurusan ini, ada nggak yang cocok dengan backgound gizi?

Cara paling mudah yang bisa kita lakukan adalah dengan mencari keyword 'nutrition'. Beberapa jurusan yang muncul dengan keyword ini :

1.     Master's programme in Food Technology and Nutrition di Lund University
2.     Nutritional Molecular Medicine and Bioinformatics di Örebro University
3.     Master of Nutrition di Stockholm University

Mungkin ada yang bertanya-tanya, mengapa tidak ada jurusan gizi di Karolinska Institute (KI) yang terkenal sebagai perguruan tinggi kedokteran ternama di dunia? Ya, KI memang tidak secara khusus membuka jurusan gizi. Tapi KI memiliki Department of Nutrition sendiri, yang akan kita bahas nanti.

Master's programme in Food Technology and Nutrition di Lund University

Berdasarkan informasi yang bisa tertulis di situs resminya, jurusan ini lebih menitikberatkan pada bidang food chemistry, food processing, surface and colloid chemistry, microbiology, nutrition and food analysis. Jadi untuk kalian yang tertarik untuk memperdalam ilmu food science dan industri makanan sangat cocok.

Untuk pendaftaran aplikasi, jurusan ini mensyaratkan mahasiswa dengan background sarjana dari jurusan food technology, food engineering, chemical engineering, engineering biotechnology, chemistry  atau yang ekuivalen dimana jurusan itu mempelajai ilmu statistik, mikrobiologi, kimia dan biokimia. Bahkan untuk mendaftar jurusan ini kalian tidak pelru emngirimkan CV, motication letter atau surat rekomendasi. Tentunya bisa mempermudah kalian untuk mendaftar.

Untuk info lebih lengkapnya tentang jurusan ini bisa dibuka di link Food Technology and Nutrition Lund University.

Nutritional Molecular Medicine and Bioinformatics di Örebro University

Untuk kalian yang tertarik dengan biologi molekuler khususunya mendalam tentang interaksi makanan dan zat gizi di tingkatan sel dan molekul jurusan ini tepat menjadi salah satu pilihannya. Jurusan ini menggunakan sistem pembelajaran PBL (Problem Based Learning) yang juga sudah digunakan dibeberapa jurusan gizi di Indonesia seperti di UGM.

Master of Nutrition di Stockholm University

Jurusan Master of Nutrition di Stockholm ternyata bekerjasama dengan Department of Biosciences and Nutrition di Karolinska Institutet. Sewaktu ada pameran EHEF di Yogyakarta beberapa waktu lalu, penulis sempat bertanya tentang jurusan ini di booth KI, tapi representative di sana ternyata tidak mengetahui secara pasti bagaimana tentang program ini. Karena memang secara umum, tidak ada jurusan Master bidang gizi yang dikelola langsung oleh KI tapi Universitas Stockholm.

Jurusan Master of Nutrition di Universitas Stockholm dilaksanakan selama dua tahun. Di tahun pertama mata kuliah yang diambil adalah :Science Communication and Learning for Nutritionists, Molecular Nutrition II,  Diet, Physical Activity and Fitness: Applied Methodology and Health Aspects, Environment and Nutrition from an Individual to a Global Perspective,  Applied Public Health Nutrition and Project Planning, Popular Science Communication, Research Ethics and Philosophy of Science for Nutritionists.

Di tahun kedua, akan tidak ada kuliah wajib tapi ada elective course yang bisa dipilih oleh mahasiswa sesuai dengan interest-nya dan tentunya ada penulisan disertasi yang disebut dengan degree project.

Tertarik dengan jurusan ini? Berikut link yang bisa dibaca secara detil:


Selain ketiga jurusan tadi, masih ada beberapa program studi lain yang tak kalah menarik yaitu di bidang Public Health. Beberapa universitas yang menawarkan jurusan public health diantaranya

1.     Umeå University
DI universitas ini, ada 3 jurusan yang ditawarkan. Public Helath dengan durasi  belajar dua tahun dan  satu tahun serta jurusan Public Health with a Specialization in Health Economics.

2.     Uppsala University
Universitas ini memiliki jurusan Global Health

3.     University of Gothenburg
Jurusan yang bisa diambil : Public Health Science with Health Economics, Global Health

4.     Karolinska Institute
Global Health, Public Health Sciences, Health Informatics, Health Economics, Policy and Management

5.     Lund University
Master's Programme in Public Health

Masih Penasawan dengan Jurusan lain?

Ya, jurusan gizi pun bisa mengikuti program master di bidang Biomedicine. Beberapa universitas terkenal di Swedia yang menyediakan program ini diantaranya Lund University, Uppsala University dan Karolinska Institute

sumber : http://www.nourishmagz.com/2017/01/jurusan-gizi-di-universitas-swedia.html, akses tgl 10/02/2019.

Share To:

PERSAGI Bandung

Post A Comment:

0 comments so far,add yours