University of Rhode Island memberikan tips baru untuk kita yang ingin memiliki tubuh proporsional, yaitu mengunyah permen karet. Sebab mengunyah permen karet membuat kita mengonsumsi kalori lebih sedikit dan mengeluarkan total energi lebih banyak. 


Kesimpulan itu ditemukan setelah Kathleen Melanson, profesor nutrisi dan ilmu pangan, setelah melakukan penelitian unik. Melanson membandingkan responden yang mengunyah permen karet bebas gula dengan yang tidak mengunyah permen karet sama sekali.

Kelompok yang mengunyah permen karet, diminta untuk melakukan ritual tersebut selama satu jam setiap pagi. Hasilnya, pada saat makan siang, konsumsi kalori mereka 67 kalori lebih sedikit dibanding yang tidak mengunyah permen karet. Hal yang serupa juga dialami oleh responden laki-laki. Melanson juga menemukan, responden yang mengunyah permen karet sebelum dan sesudah makan, mengeluarkan energi 5 persen lebih banyak dibandingkan yang tidak. "Responden saya bahkan bercerita mereka lebih enerjik," kata Melanson.

Itu mengapa, Melanson menyakini, makan permen karet adalah aktivitas yang membuat kita membakar kalori dengan sempurna. Artinya energi yang kita punya berada pada porsi yang cukup. "Inilah keseimbangan energi dan kalori yang mengarah pada perut rata."

Apa yang terjadi sebenarnya selama mengunyah permen karet? Melanson menjelaskan, otot-otot rahang kita terstimulasi akibat gerakan mengunyah yang kita lakukan. Stimulasi ini menjadi sinyal bagi otak, khususnya di bagian sensasi rasa lapar. Karena kita selalu mengunyah, maka sinyal yang aktif di otak adalah rasa kenyang yang kemudian membuat kita mengurangi porsi makanan.

Responden yang dilibatkan Melanson adalah perempuan dan laki-laki yang berusia 35 tahun. Mereka kemudian diminta untuk dianalisa di URI Energy Metabolism Lab setelah puasa semalaman. Para responden kemudian diminta untuk mengunyah permen karet 20 menit sebelum sarapan. Setelah itu sepanjang tiga jam, mereka diminta mengunyah 2 permen karet, dimana setiap permen karet dikunyah selama 20 menit.

Pada kunjungan kedua, responden tetap diminta melakukan hal yang sama. Hanya saja mereka kemudian dilihat kerja metabolisme tubuh serta gula darahnya, sebelum dan sesudah sarapan serta makan siang. "Kesimpulan awal, mengunyah permen karet bisa dicoba untuk menyukseskan program penurunan berat badan," ucap Melanson seraya bercerita niatannya untuk melakukan penelitian lanjutan.

Mengunyah permen karet ternyata tidak hanya menyenangkan serta turunkan kalori seperti yang telah diketahui di atas, selain dapat dinikmati rasanya yang manis, ternyata mengunyah permen karet itu baik loh untuk otak kita. 

Seorang ahli gizi dari Wrigley Science Institute, Gil Leveille, pernah melakukan penelitian bahwa mengunyah permen karet itu baik bagi kesehatan anak-anak, dan dapat meningkatkan konsentrasi belajar.

"Dengan mengunyah permen karet, peredaran darah ke otak menjadi lebih lancar. Nah, darah ini akan membawa asupan oksigen ke otak, jadi kita menjadi lebih berkonsentrasi," kata Gil Leveille.

Selain itu, dengan mengunyah permen karet membuat nafas kita menjadi lebih segar. Dan ternyata teman-teman, permen karet itu sudah ada sejak jaman dahulu lho. Orang-orang Yunani Kuno sering membuat permen karet dari bahan alami seperti daun-daunan.

Mengunyah permen karet sebenarnya bisa kalian lakukan kapan saja. Tetapi, menurut penelitian sangat pas jika kalian mengunyah permen karet setelah makan. Karena saat mengunyah, air liur atau saliva akan bertambah.

Nah, air liur ini berfungsi untuk membersihkan bakteri jahat yang menempel pada gigi. Lalu, kandungan xylitol, yang ada di beberapa jenis permen karet membuat gigi kita lebih sehat.

Jadi mulai sekarang jangan takut-takut untuk memakan permen karet. Apalagi, bentuk dan teksturnya bermacam-macam dan membuat kita selalu ketagihan untuk mengunyahnya.

Tetapi, karena sisa permen karet membuat lengket ada beberapa sekolah yang melarang muridnya untuk memakan permen karet.

Nah, sepertinya hal itu harus diubah. Karena, menurut Gil Leveille, seorang ahli gizi dari Wrigley Science Institute, mengunyah permen karet itu baik bagi kesehatan anak-anak. Dan, bisa meningkatkan konsentrasi.

Tetapi kalian juga harus ingat, jangan memakan permen karet terlalu banyak ya, nanti bisa-bisa sakit perut. Makan saja secukupnya, dan jangan membuang sampah sisa disembarang tempat. (fn/km/vs)

sumber : http://www.suaramedia.com/gaya-hidup/makanan/22730-tingkatkan-konsentrasi-turunkan-kalori-dengan-permen-karet.html, akses tgl 14/09/2010.

Share To:

PERSAGI Bandung

Post A Comment:

0 comments so far,add yours