Oatmeal juga membantu menahan lapar saat menjalankan ibadah puasa.


Menggonsumsi makanan beragam dan seimbang sangat dianjurkan ketika menjalankan ibadah puasa. Salah satu makanan yang tepat untuk dikonsumsi saat sahur dan berbuka adalah oatmeal.

Meskipun oatmeal lebih dikenal sebagai menu sarapan pagi, tapi oatmeal juga cocok untuk menu berbuka puasa. Kenapa bisa demikian? Oatmeal merupakan jenis makanan yang memiliki beragam manfaat untuk kesehatan tubuh.

Menurut Konsultan Gizi dan Kesehatan, Seala Septiani, oatmeal menjadi makanan dengan sumber karbohidrat. Seala mengatakan, jenis makanan itu dapat menjaga kestabilan gula darah tubuh dan juga membantu menahan lapar saat menjalankan ibadah puasa.

"Jangan lupa, oatmeal dibarengi dengan mengonsumsi protein (lauk/susu), buah dan sayur-sayuran yang cukup," kata Seala kepada Republika.co.id, jumat (3/5).

Seala mengatakan oatmeal memiliki kandungan gizi utama berupa karbohidrat yang didominasi serat. Selain itu, terdapat vitamin seperti Vitamin B dan beberapa mineral yang dapat memenuhi kebutuhan tubuh.

Berdasarkan sejumlah penelitian, pengajar di Departemen Gizi Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia itu mengatakan, serat yang terkandung dalam oatmeal sangat baik untuk kesehatan. Seala menyebut, secara spesifik oatmeal kerap dikaitkan dengan kesehatan jantung dan pencegahan diabetes.

Bahkan, kandungan gizi pada oatmeal lebih baik dari pada nasi dan kentang. Cara pengolahan yang tepat menjadi kunci untuk menjaga kandungan karbohidrat yang terdapat dalam oatmeal. "Beberapa penelitian menunjukkan mengonsumsi oatmeal sebagai makanan pokok lebih baik daripada nasi dan kentang," katanya.

REP: NUGROHO HABIBI/ RED: ANI NURSALIKAH
sumber : https://republika.co.id/berita/ramadhan/tips-puasa/pqyvk7366/oatmeal-jaga-kestabilan-gula-darah-saat-puasa, akses tgl 07/05/019.

Share To:

PERSAGI Bandung

Post A Comment:

0 comments so far,add yours