Penelitian baru mengungkapkan, makan banyak buah dan sayuran sebelum kehamilan bisa meningkatkan kelahiran bayi dengan berat badan yang sehat. Para peneliti menemukan bahwa perempuan yang mengonsumsi tiga atau lebih sayuran berdaun dalam tiga bulan sebelum hamil, memiliki risiko 50 persen lebih sedikit untuk melahirkan bayi dengan berat badan kecil. Makan buah juga menurunkan risiko itu. Begitu juga mengonsumsi minyak ikan tiga kali seminggu, seperti dikutip dari Independent.

Bayi yang lahir dengan berat badan kecil untuk umur mereka diperkirakan separuh dari semua bayi yang mati waktu lahir. Sementara, mereka yang hidup memiliki kesempatan lebih tinggi mengembangkan penyakit jantung dan diabetes saat mereka lebih tua. Penelitian terakhir melibatkan lebih dari 3.500 perempuan dari Auckland, Selandia baru, Manchester, London dan Cork di Irlandia.

Penelitian itu dipublikasikan dalam "BJOG," jurnal internasional kebidanan dan ginekologi. Para peneliti mengatakan setidaknya makan sayuran berdaun hijau sehari sebelum pembuahan mengurangi risiko kelahiran bayi dengan berat badan kurang.

Bagaimanapun juga, perempuan yang makan buah kurang dari sekali seminggu memiliki risiko ganda untuk melahirkan bayi dengan berat badan kecil. "Pesannya adalah, lebih sedikit makanan cepat saji, lebih banyak buah segar dan buah-buahan," kata Philip Steer, pemred BJOG.

Red: Siwi Tri Puji B
Sumber: 
- Ant
- http://www.republika.co.id/berita/gaya-hidup/info-sehat/10/10/07/138754-pola-makan-pra-kehamilan-tentukan-kesehatan-bayi, akses tgl 08/10/2010.

Share To:

PERSAGI Bandung

Post A Comment:

0 comments so far,add yours