10 Makanan untuk Meningkatkan Kekuatan Otak Bayi

Tiga tahun pertama kehidupan seorang anak sangat penting untuk perkembangan otaknya. 10 Makanan ini bisa dicoba untuk meningkatkan kekuatan otak bayi. Dikutip detikcom Dr Marudut, MPS dari Bidang Penelitian dan Pengembangan Gizi Persatuan Ahli Gizi Indonesia (PERSAGI) mengatakan guna mencukupi kebutuhan gizi anak, ada hal yang perlu dilakukan orang tua yakni melakukan pembiasaan pada anak, termasuk membiasakan si kecil mengonsumsi makanan sehat.


Dilansir momjunction, 10 makanan sehat ini baik dikonsumsi bayi guna meningkatkan kekuatan otaknya, Bun.

1. Yoghurt
Mengonsumsi yoghurt baik untuk perkembangan otak bayi. Yoghurt membuat selaput otak menjadi fleksibel dan membantu otak mengirim dan menerima informasi. Vitamin B kompleks dalam yoghurt juga diperlukan untuk pertumbuhan jaringan otak dan neurotransmiter.

2. Sayuran
Sayuran yang kaya warna merupakan antioksidan yang sangat baik. Antioksidan membantu menjaga sel-sel otak tetap sehat. Beberapa sayuran yang bagus untuk otak antara lain ubi jalar, labu, wortel, bayam, daun kubis, dan sayuran hijau lainnya. Makanan itu kaya akan folat, yang membantu mengatasi risiko demensia. Daun kubis juga mengandung sulforaphane dan diindolylmethane yang membantu pertumbuhan sel-sel otak.

3. Brokoli
Brokoli adalah makanan yang baik untuk kekuatan otak bayi, Bun. Makanan itu mengandung DHA yang membantu neuron terhubung dan memiliki sifat melawan kanker.

4. Alpukat
Alpukat bermanfaat untuk kesehatan otak. Buah itu kaya akan sumber lemak tak jenuh yang membantu meningkatkan aliran darah ke otak. Alpukat juga mengandung asam oleat, yang melindungi mielin. Mielin membantu perjalanan informasi dengan kecepatan 200 mil per jam. Tingginya kadar vitamin B Kompleks dalam alpukat mengurangi risiko hipertensi pada bayi.

5. Ikan
Ikan seperti salmon, tuna, dan makarel mengandung asam lemak omega 3, yang sangat baik untuk jaringan otak. Asam lemak omega 3 membantu pertumbuhan dan fungsi otak pada bayi. Mengonsumsi ikan secara teratur bisa meningkatkan keterampilan mental anak lho, Bun.

6. Telur
Telur adalah gudangnya nutrisi. Makanan itu mengandung asam lemak omega 3, zat besi, lutein, dan kolin yang meningkatkan konsentrasi. Kolin membantu menghasilkan asetilkolin atau sel induk memori. Ini membantu meningkatkan daya ingat pada bayi.

7. Gandum
Gandum dapat meningkatkan konsentrasi pada bayi. Gandum memiliki indeks glikemik rendah, dan mampu melepaskan glukosa ke dalam aliran darah perlahan-lahan. Rutin mengonsumsinya meningkatkan kewaspadaan. Ia juga mengandung folat yang penting untuk fungsi otak.

8. Oatmeal
Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa anak-anak yang makan oat untuk sarapan, dalam melakukan tugas yang berkaitan dengan memori, jauh lebih baik. Oat kaya akan vitamin E, zat besi, dan vitamin B-kompleks. Kandungan seratnya yang tinggi memberi anak-anak aliran energi yang stabil.

9. Berry
Kandungan vitamin C yang tinggi dalam buah berry meningkatkan daya ingat pada anak-anak. Buah ini juga mampu mencegah stres oksidatif pada otak.

10. Kacang-kacangan
Kacang-kacangan seperti walnut, almond, dan kacang tanah adalah makanan yang ramah untuk otak. Tingginya kadar vitamin E dalam makanan ini mampu mencegah degenerasi kognitif. Makanan ini juga mengandung zat besi yang meningkatkan memori dan perkembangan otak.

(nwy/nwy)
Yuni Ayu Amida
sumber : https://www.haibunda.com/parenting/20181006062141-59-27041/10-makanan-untuk-meningkatkan-kekuatan-otak-bayi, akses tgl 22/07/2019. 

Posting Komentar

[blogger]

MKRdezign

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget