Jintan hitam atau habbatussauda sudah lama digunakan sebagai obat tradisional untuk berbagai penyakit. Namun, ternyata bukan hanya bijinya saja, tetapi minyaknya pun juga banyak dijadikan obat. 


Dilansir dari Hello Sehat, salah satunya, minyak jintan hitam mampu membantu dalam mengobati berbagai kondisi kulit beserta gangguannya. Lantas, apa saja penyakit dan gangguan kesehatan lain yang bisa teratasi dengan bantuan minyak jintan hitam?

Mengatasi Obesitas
Bagi para pasien obesitas yang kelebihan berat badan ternyata juga bisa mengonsumsi minyak ini. Hello Sehat menulis, sebuah penelitian menunjukkan kalau biji jinten hitam dapat membantu menurunkan indeks massa tubuh.

Kanker
Sebuah penelitian terbaru menunjukkan minyak jintan hitam mengandung thymoquinone yang bisa membunuh sel terprogram atau apoptisis yang juga berada di dalam sel kanker. Termasuk kanker otak, leukemia, dan kanker payudara.

Baik untuk Sperma
Menurut sebuah uji klinis, minyak jintan hitam juga dapat meningkatkan gerakan sperma dan meningkatkan jumlahnya. Hal ini membuktikan kalau minyak tersebut juga bisa meningkatkan kualitas sperma.

Rematik
Selain itu, sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Immunological Investigations menunjukkan kalau minyak jintan hitam dapat membantu dalam mengobati rematik. Hasil penelitian itu menunjukkan kalau pengobatan dengan minyak ini mengurangi gejala rematik yang muncul.

Karla Farhana
sumber ; https://www.fimela.com/lifestyle-relationship/read/4005993/3-manfaat-jintan-hitam-yang-bisa-melawan-berbagai-penyakit, akses tgl 17/07/2019.

Share To:

PERSAGI Bandung

Post A Comment:

0 comments so far,add yours