Burger Kuda, Babi atau Sapi? Lebih Baik Buat Sendiri.

Bila Anda sedang ingin menyantap burger tapi tidak yakin akibat pemberitaan mengenai daging oplosan di media, mulai campuran daging kuda bahkan babi, mengapa tidak mencoba membuat burger sendiri.


Sebenarnya, menurut seorang kritikus kuliner asal Inggris yang juga gemar memasak, John Henley, dalam salah satu artikelnya di Guardian, semua yang anda butuhkan untuk membuat burger adalah daging cincang dan bumbu-bumbu yang tepat. Jadi tak ada alasan tidak percaya diri dan menyerahkan semuanya ke restoran.

Alasan kepraktisan bisa jadi membuat orang lebih suka ke restoran. Pasalnya Anda memang harus mengiris bawang, seledri mencampur dengan beberapa rempah, telur dan juga remahan roti. Bedanya, aktivitas ini menjamin burger anda bukan lagi masuk wilayah junkfood makanan cepat saji.

Anda bisa membeli daging cincang kualitas bagus di supermarket, membentuknya sendiri, membumbui---kegiaatan yang bisa jadi disukai anak anda---dan lalu memanggangnya atau menggoreng dengan sedikit minyak di wajan antilengket. Mengingat ini masakan sendiri porsi sayur bisa Anda beri ekstra.

Daripada membeli burger sudah matang di supermarket atau restoran tertentu lalu anak anda mengendus dan berkata. "Tak seperti burger. Apa ini di dagingnya?".

Berikut salah satu resep dasar burger yang bisa anda coba di rumah.

Bahan dasar burger sempurna

  • 1 sdm minyak atau butter
  • 1 bawang bombay ukuran besar dicincang halus
  • 1 kilogram daging cincang, jangan terlalu bersih dari lemak
  • 2 sendok makan remah roti, pilih roti gandum coklat agar lebih sehat. (Untuk membuatnya anda bisa meletakkan beberapa potong roti segar ke dalam freezer lalu keesokan hari parutlah denga parutan keju
  • 2 sendok teh daunan (parsley atau thyme bisa jadi pilihan, bisa dibeli di supermarket produk luar negeri)
  • 1 Butir telur bila anda menginginkan, beberapa resep memilih tidak menggunakan telur dan tetap oke.
  • Garam sesuai selera
  • Merica hitam

Rumus meracik

  1. Panaskan minyak dalam wajan penggorengan dengan api kecil, tumis bawang bombai hingga transparan dan sedikit kecoklatan, biarkan mendingin
  2. Letakkan daging cincang di atas nampan atau loyang, sebar lalu taburkan bawang bombay, remahan roti, daun herbal, bumbu-bumbu lalu campur dengan garpu. Hati-hati untuk tidak terlalu keras mengaduk.
  3. Bagi adonan daging dalam 12 kepalan pipih burger, beri lekukan ditengahnya. Tutupi dan tempatkan dalam kulkas selama satu jam
  4. Masak daging burger dalam panggangan barbekyu dengan panas sedang hingga tinggi, atau dengan wajan antilengket yang memiliki dasar bergerigi. Biarkan tiga menit tanpa disentuh, lalu dengan hati-hati balik, tambahkan selembar keju bila ingin. Kemudian biarkan lagi selama tujuh menit untuk benar-benar membuat daging matang, dan biarkan selama beberapa menit sebelum disajikan.

Anda bisa juga memanggang sebentar roti anda bila menginginkan. Mudah bukan?

Red: Ajeng Ritzki Pitakasari
sumber : https://www.republika.co.id/berita/gaya-hidup/kuliner/13/02/21/mi7smt-burger-kuda-babi-atau-sapi-lebih-baik-buat-sendiri, akses tgl 22/07/2019. 

Posting Komentar

[blogger]

MKRdezign

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget