Lagi-lagi khasiat lain dari kopi, ternyata bisa mengurangi kemungkinan terkena kanker prostat. Demikian hasil kajian pada hampir 50 ribu pria Amerika Serikat.


Laki-laki yang meminum enam cangkir kopi atau lebih ditemukan 20% lebih kecil kemungkinan terkena jenis kanker yang paling banyak ditemukan pada pria tersebut.

Mereka juga 60% lebih kecil terkena jenis kanker ganas yang menyebar ke bagian lain tubuh. Tetapi sejumlah organisasi mengatakan bukti yang dilaporkan di Journal of the National Cancer Institute itu masih belum jelas.

Mereka tidak menasihatkan pria untuk meminum kopi dengan harapan mencegah kanker prostat. Kajian ini meneliti sekitar 48 ribu pria di AS yang bekerja di dunia kesehatan.

Setiap empat tahun antara tahun 1986 dan 2006, mereka diminta melaporkan jumlah kopi yang mereka minum setiap hari. Selama 20 tahun tersebut, 5.035 pria didiagnosa menderita kanker prostat, 642 orang di antaranya meninggal.

Tidak ditemukan perbedaan antara kopi kafein dan yang tidak mengandung kafein. Ini mengisyaratkan kafein bukan penyebabnya. Tetapi bahkan kopi dalam jumlah kecil - satu sampai tiga cangkir per hari - ditemukan mengurangi risiko terkena kanker prostat ganas sebesar 30%.

Para peneliti memandang kemungkinan terdapat senyawa yang tidak diketahui di dalam kopi yang melindungi pria dari penyakit tersebut.

Pimpinan penelitian, Dr Kathryn Wilson dari Harvard School of Public Health di Boston, mengatakan, "Saat ini kami tidak memahami faktor resiko yang dapat diubah atau dikontrol untuk mengurangi bahaya kanker prostat yang mematikan.

"Jika temuan kami benar, kopi dapat menjadi faktor yang dapat direkayasa yang kemungkinan dapat menurunkan resiko pertumbuhan kanker prostat yang paling berbahaya". (bbc/A-88)***

sumber : http://www.pikiran-rakyat.com/node/145592, akses tgl 20/05/2011

Share To:

PERSAGI Bandung

Post A Comment:

0 comments so far,add yours