Kopi, seks dan membuang ingus bisa memicu stroke pada pasien yang menderita pembesaran pembuluh darah. Demikian hasil penelitian ilmuan Belanda, Sabtu (7/5).


Ahli syaraf asal Belanda Monique Vlak meneliti faktor yang berisiko mengakibatkan stroke. Penelitian yang dilakukan di Universitas Pusat Medis atau UMC Utrecht itu melibatkan 250 pasien.

Semua faktor berisiko yang diteliti olehnya bisa memicu tekanan darah yang tiba-tiba melonjak. Stroke hampir selalu terjadi pada pasien yang menderita pembesaran dan pelemahan pembuluh darah.

Meskipun demikian, hanya pada sejumlah pasien saja yang sampai mengalami pemecahan pembuluh darah. Hubungan langsung yang jelas antara pemecahan pembuluh darah dan faktor risiko seperti kopi, seks dan membuang ingus sangat susah dibuktikan, menurut Monique Vlak.

Dia mengatakan bahwa penelitian lebih lanjut diperlukan untuk membuktikan hal tersebut. Penelitian yang dilakukannya tidak benar-benar berfokus pada penyebab lain misalnya tekanan darah tinggi yang juga bisa menyebabkan pelemahan pembuluh darah.

Redaktur: Djibril Muhammad
Sumber: 
- RNW
- http://www.republika.co.id/berita/gaya-hidup/hobi/11/05/08/lkv9ka-kopi-seks-dan-buang-ingus-memicu-stroke, akses tgl 21/05/2011

Share To:

PERSAGI Bandung

Post A Comment:

0 comments so far,add yours