Pewarna Karamel Soda Sebabkan Kanker

PECINTA minuman soda kini mesti ekstra waspada karena zat kimia yang terkandung dalam bahan pewarna karamel yang biasa digunakan pada minuman soda ditengarai bisa menyebabkan kanker. 


Karamel yang murni terbuat dari gula yang dilelehkan. Namun, sebagai pewarna makanan, biasanya ditambahkan bahan kimia amonia dan menghasilkan senyawa yang terbukti dapat menyebabkan berbagai macam kanker, setidaknya hal itu terbukti dalam studi terhadap hewan, menurut pernyataan Pusat Sains dalam Kepentingan Umum (CSPI) di Kanada dan Washington, D.C, seperti dikutip dari The Telegraph, Kamis (17/2).

Kelompok itu juga membuat petisi kepada Badan Pengawas Makanan dan Obat-obatan AS tentang pelarangan penggunaan karamel mengandung amonia yang biasa digunakan dalam minuman ringan lainnya yang berwarna gelap.

Di sisi lain, Coca-Cola Co, produsen softdrink terbesar di dunia, justru menyatakan bahan karamel dalam produknya tidak menyebabkan kanker. Dikatakan, minuman soda yang ia produksi hanya berisi salah satu senyawa yang telah disetujui CSPI. Sedangkan, PepsiCo Inc hingga kini belum mau berkomentar.

Hingga kini, soda masih merupakan penyebab masalah utama kesehatan di dunia yakni obesitas. Reaksi kimia antara gula dan amonia dapat membentuk karsinogen dan mungkin bisa menyebabkan ribuan penduduk AS terkena kanker," kata kelompok itu atas dasar studi terhadap hewan yang dilakukan oleh peneliti di Institut Kesehatan Program Toksikologi Nasional.

Direktur Eksekutif CSPI Michael Jacobson pun menyatakan bahwa semestinya penggunaan istilah 'caramel colouring' atau pewarna caramel dalam sebuah produk tidak dibenarkan. (Pri/OL-06)

sumber : http://www.mediaindonesia.com/mediahidupsehat/index.php/read/2011/02/18/3739/3/Pewarna-Karamel-Soda-Sebabkan-Kanker, akses tgl 21/02/2011

Posting Komentar

[blogger]

MKRdezign

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget