Di pasaran banyak beredar suplemen yang mengklaim memberikan sederet manfaat bagi kesehatan. Mulai dari menjaga stamina, memperbaiki tulang, hingga mencegah penuaan. Sebagai konsumen tentu kita bertanya-tanya apakah sederet manfaat itu adalah fakta atau bahasa marketing belaka.


Sebenarnya tak ada yang salah dengan klaim berbagai suplemen atau multivitamin tentang berbagai formula lengkap yang dimilikinya. Pasalnya, beberapa jenis suplemen dan vitamin memang memiliki multi manfaat yang sudah dibuktikan secara ilmiah.

Sebagai contoh adalah teh hijau. Menurut berbagai studi, teh hijau berkhasiat untuk mencegah berbagai jenis kanker, melindungi jantung, menghambat pertumbuhan bakteri, melawan gigi busuk, dan bekerja sebagai antioksidan untuk meningkatkan sistem imun tubuh. Sederet manfaat tersebut menarik perhatian para peneliti untuk mencari mengidentifikasi komponen aktif dalam teh hijau.

Pada awalnya obat-obatan memang hanya dibuat untuk satu tujuan, misalnya menghilangkan nyeri. Namun, setelah banyak orang mengonsumsi obat tersebut dan merasakan manfaatnya untuk penyakit lain, barulah manfaat lain itu diteliti. Dalam hal ini contoh yang paling tepat adalah aspirin.

Obat yang berasal dari kulit kayu pohon willow ini pada awalnya memang dipakai untuk mengobati sakit kepala. Namun, belakangan diketahui bahwa zat aktif asam asetil salisilat dari aspirin juga bisa dikembangkan untuk mengatasi nyeri arthritis, analgesik (penghilang nyeri), mencegah penyakti jantung, mengurangi risiko penyakit karnker kolon, hingga mengatasi osteoporosis.

Penulis: AN  
Sumber: 
- The Healing Power of Vitamins, Minerals and Herbs, Readers Digest
- http://health.kompas.com/read/2009/10/05/14394362/Sederet.Manfaat.Suplemen..Fakta.atau.Iklan., akses tgl 20/12/2010.

Share To:

PERSAGI Bandung

Post A Comment:

0 comments so far,add yours