Sering Dijadikan Bekal Makanan Si Kecil, Ternyata 5 Makanan Ini Penyebab Kanker

Apakah Moms sering memberikan bekal makanan Si Kecil sosis atau nugget?


Jika iya, sebaiknya mulai dari sekarang mulai membatasinya. Ini karena sosis dan nugget termasuk ke dalam makanan penyebab kanker.

Melansir dari Reader's Digest, terdapat lima makanan penyebab kanker yang sering berseliweran di sekitar kita.

1. Daging olahan

Di bagian atas daftar makanan penyebab kanker adalah daging olahan, yang Organisasi Kesehatan Dunia telah menempatkan dalam kategori yang sama dengan merokok dan asbes ketika datang ke risiko kanker.

WHO juga mendaftar makanan seperti sosis, bacon, hot dog, dan ham meningkatkan risiko kanker kolorektal.

Mengonsumsi 50 gram daging olahan setiap hari (sekitar dua iris ham) dapat meningkatkan risiko kanker usus sebesar 18 persen, menurut laporan itu.

Masalahnya tidak hanya berasal dari daging itu sendiri tetapi dari metode utama pengolahannya, yang meliputi mengasap, mengawetkan, atau menambahkan garam. Ketika daging tertentu dimasak, natrium nitrit bergabung dengan amina alami dalam daging untuk membentuk senyawa N-nitroso penyebab kanker.

"Saya menghindari makanan asap karena nitrat," kata Ioana Bonta, MD, seorang ahli onkologi medis di Pusat Perawatan Kanker Amerika di Southeastern Regional Medical Center di Newnan, Georgia.

Meskipun persiapan yang sama, ikan asap tidak seburuk daging asap, menurut Cary Presant, MD, seorang internis, ahli hematologi, dan ahli kanker di Los Angeles dan asisten profesor klinis di Departemen Onkologi Medis dan Penelitian Terapi di City of Hope Cancer Pusat di Covina Barat, California.

2. Popcorn instan

Apakah Moms sering mengajak Si Kecil menonton bioskop? Salah satu makanan yang paling sering dibeli seperti popcorn sebenarnya tidak sehat lo, Moms.

"Microwave popcorn diisi dengan mentega buatan, dan asap dari dalamnya mengandung senyawa beracun diacetyl yang terkait dengan kanker paru-paru," kata Eitan Yefenof, PhD, ketua Pusat Penelitian Imunologi dan Kanker Lautenberg di Universitas Yahudi Yerusalem di Israel. Diacetyl dikenal juga sebagai "bom mentega," yang memberi popcorn rasa dan aroma mentega yang khas.

Tak hanya popcorn-nya, lapisan kantong popcorn instan mengandung asam perfluorooctanoic (PFOA) sejenis karsinogenik seperti yang dijelaskan oleh Badan Perlindungan Lingkungan A.S.

3. Lemak trans

Lemak trans terbentuk ketika produsen mengubah minyak cair menjadi lemak padat, dalam proses yang disebut hidrogenasi, yang meningkatkan masa simpan dan stabilitas rasa makanan. Unsur ini dapat ditemukan dalam daftar belanja makanan, termasuk sayuran fermentasi, margarin, kerupuk, sereal, permen, makanan panggang, kue, granola bar, keripik, makanan ringan, saus salad, lemak, makanan goreng, dan banyak makanan lainnya.

Lemak trans terkait erat dengan tingkat obesitas yang melonjak, kata Dokter Eisenberg.

FDA sekarang telah melarang minyak terhidrogenasi parsial (PHO), yang merupakan sumber utama lemak trans buatan dalam pasokan makanan. Pabrikan makanan diberi waktu tiga tahun untuk menghapus PHO dari produk mereka pada 2015, tetapi FDA baru-baru ini memperpanjang beberapa tanggal kepatuhan ini hingga 2019-2021.

4. Bagels

Ya, bagel memang lezat, tetapi mereka juga merupakan salah satu makanan yang membuat gula darah Si Kecil melonjak.

Mengkonsumsi makanan dengan indeks glikemik tinggi (yang dengan cepat meningkatkan kadar gula darah) ditemukan meningkatkan risiko kanker paru-paru pada kulit putih non-hispanik, menurut sebuah studi dari University of Texas MD Anderson Cancer Center. Makanan tinggi GI termasuk roti putih dan bagel, serpihan jagung, dan puffed rice.

Sebagai gantinya, pilih makanan GI rendah seperti nasi merah, roti gandum, dan oatmeal yang dipotong baja.

Cecilia Ardisty
sumber : https://nakita.grid.id/read/021763152/sering-dijadikan-bekal-makanan-si-kecil-ternyata-5-makanan-ini-penyebab-kanker?page=all, akses tgl 20/07/2019.

Posting Komentar

[blogger]

MKRdezign

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget