Sudahkan Anda Makan Cukup Serat?

Serat larut di perut menjadi seperti gel yang memastikan makanan diserap lambat.


Serat adalah kelompok makanan penting dan memperbaiki serat setiap hari sangat penting untuk kesehatan usus. Tapi serat tidak hanya penting untuk pencernaan. Serat dihubungkan dengan berbagai masalah kesehatan, termasuk penyakit jantung, strok, diabetes tipe 2, dan kanker usus.

Pola makan yang kaya serat juga bisa membantu menjaga berat badan yang sehat, karena membuat Anda merasa lebih kenyang. Serat dapat ditemukan di sejumlah makanan termasuk roti gandum, buah, sayuran dan kacang-kacangan, namun banyak dari kita yang tidak cukup makan serat.

Ahli bedah konsultan penurunan berat badan dan kesehatan NHS (badan kesehatan Inggris) Sally Norton menguraikan mengapa kita membutuhkan serat, dan bagaimana Anda bisa mendapatkan lebih banyak serat ke dalam makanan.

Seperti dilansir dari laman Netdoctor, Senin (28/1), serat adalah karbohidrat kompleks (jenis gula) tetapi tidak seperti karbohidrat lain, yang dipecah oleh tubuh untuk menyediakan bahan bakar dalam bentuk glukosa, serat biasanya tidak dapat dicerna oleh tubuh manusia. Serat dapat larut atau tidak dapat larut.

Serat larut ditemukan dalam makanan seperti gandum dan gandum, kacang-kacangan dan kacang polong, biji-bijian, kacang-kacangan dan biji-bijian dan buah-buahan dan sayuran. Serat larut di perut menjadi zat seperti gel yang memastikan partikel makanan diserap lebih lambat, membantu menjaga kadar gula darah lebih stabil, dan menurunkan kolesterol.

Sedangkan serat yang tidak larut tidak larut, tetapi menyerap air yang memberikan curah dan kelembaban ke feses, efek pencahar alami dan mengurangi gejala sembelit dan meningkatkan kesehatan usus. Ini ditemukan dalam gandum, termasuk bekatul, jagung (termasuk berondong jagung), gandum dan bekatul gandum, kacang-kacangan, buah-buahan dan sayuran (terutama kulit sayuran).

Studi menunjukkan diet tinggi serat dapat melindungi kita dari obesitas, penyakit jantung, diabetes tipe-2 dan kanker tertentu. Tapi kita sering tidak makan cukup untuk mendapatkan manfaat kesehatan itu. Baru-baru ini, Komite Penasihat Ilmiah tentang Nutrisi atau SACN, yang didukung oleh British Dietetic Association, merekomendasikan peningkatan serat dalam makanan kita setidaknya 30 gram sehari (kurang dari itu untuk anak-anak.

Sebagai panduan kasar, beberapa potong roti gandum atau semangkuk sereal bekatul tinggi mengandung sekitar empat gram serat. Buah atau sayuran mengandung sekitar 1gram per sendok makan. Dan kacang-kacangan, biji-bijian, dan kacang-kacangan bisa mengandung dua gram atau lebih.

Selain dari liam porsi buah dan sayuran yang harus kita makan setiap hari, kita sekarang dapat menemukan serat dalam pilihan besar roti, camilan, dan makanan lezat, cukup periksa label.

Pentingnya gandum utuh

Salah satu cara yang bagus meningkatkan asupan serat Anda adalah dengan menukar karbohidrat olahan yang ditemukan di banyak kue, biskuit, dan roti gandum utuh. Biji gandum lebih sulit dicerna daripada biji-bijian olahan karena selubung seratnya.

Produk yang terbuat dari karbohidrat putih olahan cenderung mengandung kadar lemak dan gula yang lebih tinggi. Makanan ini tidak membantu upaya mengendalikan berat badan. Ini juga menjelaskan mengapa begitu banyak dari kita merasa kembung, atau lemas setelah makan semangkuk besar pasta atau nasi putih.

Sebaliknya, gandum lebih tinggi seratnya, artinya kita merasa lebih kenyang lebih lama dengan jumlah lebih sedikit. Gandum dan makanan berserat lainnya juga lebih banyak mengunyah, yang juga membantu penurunan berat badan.

Serat dapat membantu kita merasa kenyang yang bagus untuk mengontrol berat badan. Ini dapat meningkatkan kesehatan usus kita dan mengurangi risiko kanker usus dan banyak lagi.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Ani Nursalikah
sumber : https://gayahidup.republika.co.id/berita/pm1755366/sudahkan-anda-makan-cukup-serat, akses tgl 23/07/2019.

Posting Komentar

[blogger]

MKRdezign

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget