Banyak orang yang sering mengaitkan salad dengan makanan sehat. Namun, ternyata tidak semuanya demikian sebab ada berbagai kesalahan dalam meracik, khususnya terkait pilihan topping.


Sebagai bentuk edukasi, situs Web MD dan Medicine Net menjabarkan beberapa topping yang wajib dicoret dari porsi salad lantaran tidak menyehatkan.

#Penggunaan krim yang terlalu banyak
Setelah memilih sayuran, biji, dan buah, Anda tentu akan menghiasinya dengan mayonais dan kustard. Rupanya, kedua krim yang terlalu banyak akan menghancurkan gambaran sehat dari salad sebab dua sendok krim tersebut saja sudah mengandung hampir 150 kalori dan 15 gram lemak. Bayangkan jika membubuhkannya lebih banyak, mungkin akan setara dengan menu burger keju dan kentang goreng.

#Mencampur dengan ayam garing
Salad hijau dengan ayam mungkin terdengar seperti makanan sehat. Namun deskripsi seperti renyah dan garing adalah hal yang harus dihindari sebab berarti ayam telah dilapisi dengan tepung roti dan digoreng. Ini dapat mengubah salad yang sehat itu menjadi bom kalori. Jadi, jika Anda ingin tetap menggunakan ayam, sebaiknya diolah dengan cara dibakar saja.

#Memilih banyak selada air
Saat akan memilih sayuran untuk salad, selada air mungkin akan menjadi favorit sehingga diambil dengan porsi besar. Sayangnya, sayuran ini terbukti buruk dalam hal nilai gizi karena mengandung lebih sedikit vitamin dan mineral daripada kebanyakan sayuran berdaun hijau lain. Meski demikian, bukan berarti tidak diwajibkan untuk mengambil selada air, namun memilih sayuran lain dengan jumlah yang banyak, seperti bayam dan kale, adalah hal yang lebih tepat karena keduanya mengandung 10 kali lipat vitamin A dan C untuk kekebalan tubuh.

#Menambah keju dan buah kering
Keju dan buah kering memang sudah tidak asing lagi di dalam piring salad. Namun, keduanya kini wajib dikurangi, bahkan dihindari sebab, walaupun keju dikenal tinggi kalsium yang baik untuk tulang, mengandung 100 kalori per ons. Begitu pula dengan buah kering yang banyak mengandung gula dan rendah mineral. Sebagai gantinya, pilih parmesan dan buah segar saja.

Reporter: Sarah Ervina Dara Siyahailatua
Editor: Yayuk Widiyarti
sumber : https://gaya.tempo.co/read/1234834/4-penyebab-salad-jadi-makanan-tak-sehat, akses tgl 13/08/2019.

Share To:

PERSAGI Bandung

Post A Comment:

0 comments so far,add yours