Setiap orang pasti ingin terlihat awet muda dan selalu bugar. Caranya antara lain dengan raji berolahraga dan istirahat yang cukup. Selain dua faktor itu, asupan juga menjadi faktor penentu. Nah, inilah daftar makanan yang bisa mencegah penuaan.


1. Biji bunga matahari 
Kandungan mineral tembaga yang dimilikinya membantu mencegah penurunan produksi melanin. Menurunnya produksi melanin ini bisa mengakibatkan rambut seseorang berubah menjadi putih atau berubah ketika mulai bertambah usia.

Selain biji bunga matahari ada beberapa jenis makanan lain yang dapat mencegah rambut beruban yakni daging kepiting, tiram, kacang mede, dan kacang almond. Bahan-bahan makanan tersebut juga mengandung mineral tembaga.

2. Minyak ikan 
Bisa didapatkan dari ikan haring, salmon, juga ikan kembung. Minyak ikan ini dapat mencegah resiko kanker prostat. Pria yang setidaknya mengkonsumsi ikan-ikan tersebut satu hingga tiga kali dalam sebulan, resiko terkena kanker prostatnya lebih rendah 36 persen dibandingkan dengan mereka yang tak pernah makan ikan itu.

3. Apel
Buah ini dapat mencegah kanker karena mengandung quercetin. Kandungan quercetin juga terdapat pada bawang. Demikan pula sayur-sayuran seperti brokoli, kembang kol, dan kubis juga bisa bisa mencegah kanker.

4. Ikan salmon
Ikan ini mengandung omega 3 yang tinggi yang dapat mencegah penyakit jantung dan menurunkan tekanan darah tinggi, penumpukan sumbatan di pembuluh darah arteri, mencegah tingginya trigleserid, dan kolesterol. Makanan lain yang juga bisa mencegah jantung adalah buah kenari, benih lenan, kacang kedelai, alpukat, dan minyak zaitun.

5. Tahu
Kandungan biotin-nya dapat membantu menumbuhkan rambut. Tiga puluh persen pria dibawah usia 35 tahun dan seperempat perempuan mengalami penipisan rambut. Mereka yang mengalami ini disarankan mengkonsumi tahu atau jeroan berupa hati maupun telur yang mengandung biotin.

6. Blueberry 
Kandungan anthocianin yang terdapat didalamnya membantu menjaga daya ingat. Anthocianin ini juga dapat mencegah penyakit penuaan seperti kanker.

7. Lada 
Semakin bertambah usia, metabolisme tubuh semakin lesu. Namun dengan menambah rasa pedas akan membantu metabolisme tubuh anda. Bahan makanan yang mengandung capsaicin bisa mempercepat pembakaran kalori dengan dengan meningkatkan denyut jantung. Selain lada, kafein yang terdapat pada kopi dan teh hijau juga bisa mempengaruhi metabolisme tubuh.

8. Air 
Dengan bertambahnya umur, produksi minyak pada kulit kita semakin sedikit sehingga bisa kehilangan elastisitas. Untuk mencegahnya, penting untuk selalu minum air banyak. Sebisa mungkin batasi kafein dan alkohol yang bisa meningkatkan dehidrasi pada kulit.

Aolhealth | Aqida Swamurti
sumber : http://www.tempointeraktif.com/hg/kesehatan/2011/02/25/brk,20110225-316077,id.html, akses tgl 25/02/2011

Share To:

PERSAGI Bandung

Post A Comment:

0 comments so far,add yours