Brokoli merupakan salah satu jenis sayuran yang banyak digunakan untuk beragam sajian sayuran di rumah. Nutrisi yang terkandung dalam brokoli sudah dikenal sangat bermanfaat buat kesehatan tubuh keluarga. Warna nya yang hijau segar juga membuat berbagai macam sajian masakan yang menggunakan brokoli terlihat lebih segar dan sedap untuk disantap. Tidak heran jika banyak yang menjadikan brokoli sebagai sayuran favorit keluarga.


Namun, seperti halnya sayuran lain, sebelum dimasak dan dikonsumsi, brokoli haruslah dibersihkan terlebih dahulu. Sayangnya, cara membersihkan brokoli tergolong lebih rumit jika dibandingkan dengan membersihkan sayuran lain seperti sawi, bayam, atau kangkung. Cara mencuci brokoli ini sering kali jadi tahapan yang kurang disukai oleh ibu-ibu di rumah, karena sayuran brokoli dikenal cukup sulit untuk dibersihkan.

Struktur brokoli yang memiliki banyak cabang dan sela - sela sempit yang susah dijangkau membuat brokoli jadi sulit untuk dibersihkan. Selain itu, sayuran brokoli dikenal banyak terdapat ulat - ulat kecil yang membuat proses membersihkannya menuntut ketelitian yang lebih. Mencuci dan membersihkan sayuran sebelum dimasak adalah hal wajib demi menjaga agar sayuran tetap higienis dan tidak berbahaya untuk dimakan. Zaman sekarang, sayuran yang dijualbelikan di pasar umumnya menggunakan petisida.

Tentunya Anda tidak ingin bahan-bahan kimia atau pestisida yang terkandung dalam sayuran brokoli yang akan Anda masak ikut masuk ke dalam tubuh keluarga tercinta karena sayuran tidak dicuci dengan baik. Namun Anda tidak perlu terlalu khawatir jika ingin membersihkan brokoli dengan baik sehingga aman untuk dikonsumsi. Ada beberapa cara khusus yang bisa Anda lakukan dalam membersihkan brokoli. Yuk, simak cara-cara yang bisa Anda lakukan untuk membersihkan brokoli dengan mudah di bawah ini!

Cara Mencuci Brokoli Dengan Air Mengalir

Dalam mencuci sayuran brokoli, cara yang dianjurkan adalah dengan dicuci pada air yang mengalir. Hal ini akan memudahkan Anda agar kotoran-kotoran yang ada pada brokoli dapat langsung terbilas. Mencuci brokoli memiliki beberapa langkah yang harus Anda ikuti. Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah memotong-motong brokoli sesuai dengan selera Anda. Umumnya brokoli tidak dipotong terlalu tipis, cukup agak tebal dan tiap potong terdiri dari 3 atau 4 cabang. Pastikan Anda memeriksa sela-sela cabang brokoli yang sudah Anda potong-potong tadi agar bebas dari ulat

Segera bersihkan jika menemukan ulat yang biasanya ada di sela-sela cabang. Tidak perlu khawatir saat memegang ulat brokoli, ulat tersebut tidak membuat kulit gatal. Anda bisa menggunakan tusuk gigi untuk membantu membersihkan ulat di sela-sela cabang. Setelah Anda yakin bahwa brokoli telah bersih dan bebas ulat, cuci dengan air mengalir untuk membersihkan kotoran-kotoran lain yang masih menempel pada brokoli. Ada baiknya jika Anda menggunakan wadah untuk menampung brokoli dan air. Setelah selesai, brokoli siap untuk diolah dan dikonsumsi.

Cara Membersihkan Brokoli Dengan Air Garam

Selain dengan air biasa, Anda juga dapat mencuci dan membersihkan sayuran brokoli dengan menggunakan air garam. Air garam dalam hal ini adalah air yang dicampurkan dengan garam yang dikenal cukup ampuh dalam membersihkan beragam kotoran yang ada pada sayuran. Untuk membersihkan brokoli dengan air garam, pertama-tama Anda harus menyiapkan wadah atau baskom, tusuk gigi, serta garam dan cuka. Anda bisa memilih ukuran wadah sesuai dengan banyaknya brokoli yang akan dibersihkan. Siapkan air untuk merendam brokoli dan usahakan jumlah air yang Anda gunakan cukup untuk merendam seluruh brokoli Anda. Setelah air dalam baskom siap, masukkan garam dan cuka secukupnya. Aduk semua bahan tersebut hingga rata. Ambil brokoli Anda dan potong-potong sesuai selera.

Jangan memotong terlalu tipis karena brokoli memiliki tekstur yang mudah hancur ketika diolah. Biarkan tiap potong terdiri dari tiga atau empat cabang. Setelah semua brokoli selesai dipotong-potong, masukkan ke dalam larutan air garam dan cuka yang telah Anda siapkan tadi. Diamkan dan tunggu beberapa saat lalu perhatikan jika ada ulat yang terlepas. Bilas dengan menggunakan air mengalir untuk menghilangkan larutan garam dan cuka, sekaligus membersihkan kotoran yang masih menempel pada brokoli. Periksa sekali lagi kalau-kalau ada ulat yang masih tertinggal dan menempel pada cabang brokoli. Setelah proses pembilasan selesai, brokoli siap diolah.

Sumber : http://www.sunlight.co.id/artikel/detil/1332068/cara-membersihkan-dan-mencuci-brokoli-sebelum-dikonsumsi, akses tgl 13/08/2019.

Share To:

PERSAGI Bandung

Post A Comment:

0 comments so far,add yours