Berbagai macam panganan bisa menjadi sumber nutrisi tambahan untuk memperlancar ASI, seperti kacang-kacangan, pare, fenugreek, dan lainnya. Namun, dari sekian jumlah panganan, daun katuk masih menjadi primadona dikalangan ibu menyusui agar memperlancar produksi ASI (Air Susu Ibu).


Daun katuk yang sudah familiar di Indonesia sejak dulu ini mengandung steroid dan polifenol yang dapat meningkatkan kadar prolaktin atau hormon pembentuk sel-sel produksi ASI bekerja maksimal.

"Dari penelitian Kementerian Kesehatan pun, daun katuk ini dapat meningkatkan kadar prolaktin hingga 50,7 persen lebih banyak daripada yang tidak mengonsumsi," jelas dr Ameetha Drupadi, CIMI, Konselor Laktasi kepada detikHealth, Kamis (1/8/2019).

Kadar prolaktin yang tinggi pada makanan yang termasuk dalam kategori Galactagogue ini akan meningkatkan, mempercepat, dan memperlancar produksi ASI. Daun katuk juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh ibu saat masa menyusui.

"Dalam mengonsumsi daun katuk ini juga tidak menimbulkan efek samping seperti yang ditimbulkan fanugreek yang efeknya menyebabkan bau badan. Daun katuk paling aman dan menjadi pilihan utama untuk kaum ibu menyusui," imbuhnya.

Selain itu, daun katuk juga mengandung Vitamin A, B, C, K, Kalsium, Fosfor, Zat besi, Serat, serta Antioksidan. Hal itu yang akan memberikan efek pada produksi ASI uang lebih banyak dari sumber nutrisi nabati lainnya.

Sarah Oktaviani Alam
sumber : https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-4651381/daun-katuk-pelancar-asi-yang-tak-bikin-bau-badan, akses tgl 04/08/2019.

Share To:

PERSAGI Bandung

Post A Comment:

0 comments so far,add yours