Penderita diabetes harus mengkonsumsi sayuran untuk mengkontrol gula darah. Kemampuan mengendalikan gula darah dapat meningkatkan kualitas hidup diabetisi. 


Penyakit diabetes sulit terhindar dari risiko komplikasi. Diabetes adalah kondisi di mana kadar insulin dalam darah tidak normal. Gejalanya gula darah tinggi, berat badan menurun, produksi urin meningkat, sistem imun tubuh lemah, mudah lapar, dan mati rasa di bagian kaki.

Jika gejala ini dibiarkan maka akan menimbulkan dampak yang fatal. Dilansir Boldsky, ada 10 sayuran yang baik dikonsumsi penderita diabetes.

Buah bit. 
Bit kaya akan kalium dan vitamin C dapat meningkatkan energi dan mengurangi kelelahan akibat diabetes.

Pare. 
Pare baik untuk penderita diabetes, karena membantu mengatur kadar gula darah.

Ubi Jalar
Ubi jalar kaya antioksidan dan juga dapat mengurangi kadar glukosa darah secara alami.

Bayam
Sayuran hijau ini baik bagi penderita diabetes, karena kaya akan magnesium, folat, potassium yang dapat mengkontrol diabetisi.

Kapri
Kapri baik dalam mengurangi kadar gula darah.

Kubis
Konsumsi kubis secara teratur tidak hanya membantu mengontrol kadar insulin, tetapi juga dapat membantu menurunkan berat badan.

Terong
Terong dapat mencegah kenaikan kadar gula darah dengan mengatur produksi insulin.

Labu
Sebuah studi penelitian menyebutkan jus labu di pagi hari dapat membantu mengontrol gejala diabetes.

Bawang Merah
Bawang mengandung asam kuat tertentu yang dapat membantu menyeimbangkan tingkat insulin dalam tubuh untuk menjaga kadar gula darah.

Kembang kol
Kembang kol kaya akan kandungan serat yang dapat mengeluarkan racun. Sayuran ini juga merupakan salah satu sayuran terbaik untuk penderita diabetes. (cr/JPG)

sumber : https://www.jawapos.com/kesehatan/12/12/2016/ini-10-sayuran-terbaik-kontrol-kadar-gula-darah/, akses tgl 30/07/2019.

Share To:

PERSAGI Bandung

Post A Comment:

0 comments so far,add yours