Otot (muscle) adalah jaringan dalam tubuh manusia yang berfungsi sebagai alat penggerak tulang. Dalam beberapa hal, otot memiliki peranan signifikan, terutama otot jantung, yang berkontraksi secara terus menerus

Secara anatomis, otot dalam tubuh manusia dibagi dalam 3 bagian besar yaitu otot lurik, otot polos dan otot jantung. Otot lurik adalah otot pergerakan spontan. Otot ini mudah lelah, karena dalam otot ini sering terjadi penumpukan asam laktat.

"Cara kerja otot ini berasal dari sinyal motorik yang berasal dari otak yang sifatnya sadar, otot ini terdapat pada hampir di seluruh tubuh bagian luar manusia," ungkap Dr Schraft Demonz, peneliti dari University of California, AS.

Otot polos adalah bagian otot yang ada dalam organ pencernaan dan pembuluh darah. Cara kerja otot ini umumnya dikendali dari sistem syaraf otonom (syaraf tak sadar). Otot polos terbentuk dari geondonan dengan kedua ujung meruncing, serta mempunyai satu inti tunggal. Sedangkan otot jantung bertugas khusus mempompa darah pada jantung.

Otot jantung adalah jaringan otot yang sanggup berkontraksi secara terus menerus tanpa henti. "Otot jantung dapat dipengaruhi oleh interaksi syaraf simpatetik atau parasimpatetik yang memperlambat atau mempercepat laju denyut jantung, namun tidak dapat mengontrolnya secara sadar," ujar Demonz.

Persentase kerja dari otot dalam tubuh manusia sekitar 18-26 persen. Efisiensi kerja otot didefinisikan sebagai rasio metabolisme, berdasarkan penggunaan oksigen. Demonz menambahkan bahwa otot yang menyebar di seluruh tubuh manusia memiliki bagian masing-masing, sesuai tempat di mana otot tersebut melekat. Bagian otot yang dimaksud adalah sebagai berikut.

  1.  Otot Atrofi bagian otot yang kecil.
  2.  Otot Hipertropi adalah bagian otot yang besar.
  3.  Otot Diskus Interkalaris adalah bagian otot yang ada di jantung.
  4.  Otot Tendon adalah urat otot yang bagian ujung ototnya mengecil.
  5.  Otot Ventrikel adalah urat otot yang bagian tengah ototnya menggelembung.
  6.  Otot Origo adalah bagian otot yang melekat pada tulang yang tidak bergerak.
  7.  Otot Insersio adalah kebalikan dari otot Origo yaitu otot yang melekat pada tulang yang bergerak. 


Cara Kerja dan Fungsinya

Dalam penelitiannya, Demonz memaparkan adanya protein khusus pada otot yakni aktin dan miosin, sehingga otot bekerja dengan cara memendek (berkontraksi) dan mengendur (relaksasi). Masalah yang sering terjadi pada otot seperti kelemahan otot merupakan persoalan yang tidak bisa dianggap enteng.

Tetapi seringkali memberikan arti yang berbeda kepada setiap penderitanya, karena beberapa penderita hanya merasakan lelah. “Tetapi pada kelemahan otot yang sejati, meskipun sudah berusaha sekuat tenaga, kekuatan yang normal tidak akan dicapai,” ungkap Demonz.

Kelemahan bisa terjadi di seluruh tubuh, atau hanya terbatas di satu lengan, tungkai, tangan atau jari tangan. “Penyebabnya, ada kelainan di otot, tendon, tulang atau sendi. Tetapi yang paling sering menyebabkan kelemahan otot adalah kelainan pada sistem saraf,” tukasnya. Sebagai tambahan pengetahuan, Demonz mengatakan, seyogianya publik mengetahui fungsi otot dalam tubuh manusia. “Ini penting, sebab manusia akan lebih hati-hati memperlakukan ototnya,” katanya.

Berikut beberapa fungsi otot.

  • Otot Bahu, yakni otot yang bertugas untuk memutar dan mengangkat lengan. Otot berbentuk segitiga bundar ini terdiri atas tiga kepala, yakni anterior untuk mengangkat ke depan, middle untuk mengangkat ke samping dan posterior untuk mengangkat ke belakang.
  • Otot Dada yakni otot yang bertugas untuk mendorong bahu ke depan. Fungsi utamanya adalah untuk gerakan menekan atau mendorong.
  • Otot Punggung adalah otot terbesar di bagian tubuh atas manusia yang berfungsi untuk menarik bahu ke belakang dan ke bawah. Otot yang terdapat pada punggung atas merupakan kumpulan otot-otot yang sangat kompleks dan saling bertindihan. Otot-otot ini berfungsi sebagai penggerak bahu (rotator cuff), dan menjaga tubuh supaya tegak. Sedangkan otot yang ada pada punggung bawah merupakan kumpulan otot di punggung sebelah bawah yang bertugas untuk menegakkan tubuh.
  • Otot Lengan yakni otot lengan atas yang berfungsi untuk menekuk lengan
  • Otot Paha dan Pinggul adalah otot manusia yang paling besar. Fungsinya untuk meluruskan kaki.
  • Otot Betis adalah otot yang paling menonjol yang letaknya ada di bagian belakang betis berbentuk seperti intan (diamond). Tugasnya untuk menggerakkan telapak kaki.


Seyogianya Anda Mengonsumsi Ini

Selain berolah raga dan melatih otot dengan latihan beban, asupan makanan pun menjadi bagian penting dalam pembentukan otot. Dan Go, pelatih pribadi dan ahli gizi, seperti dirilis Livestrong, menyarankan asupan makanan yang dapat membantu terbentuknya otot. Berikut beberapa makanan yang dapat membangun otot tubuh.

1. Daging sapi
Kontribusi daging sapi terhadap pembentukan otot secara klinis dibuktikan T Brock Symons, peneliti medis di University of Texas. Symons memastikan bahwa sintesis protein otot meningkat 51 persen setelah subjek yang disertakan dalam penelitian mengkonsumsi sekitar 120 gram sapi tanpa lemak.

2. Telur
Telur utuh menyediakan protein yang baik. Satu butir telur mengandung 6-8 gram protein. Sebutir telur juga kaya vitamin, zinc, besi, dan kalsium, membuatnya menjadi salah satu makanan pembentuk otot paling lengkap yang dapat disantap.

3. Dada ayam
Setiap 100 gram dada ayam mengandung 30 gram protein dengan lemak minimal. Daging dada ayam ini termasuk sumber protein hewani yang tidak terlalu mahal, mudah dimasak, dan dapat disajikan dengan berbagai masakan. Yang pasti, daging ayam dapat membantu membentuk otot.

4. Salmon
Salmon menjadi sumber protein poten yang juga mengandung asam omega-3 yang baik. Kedua bahan ini akan membantu membentuk otot, dan studi menunjukkan, hal ini akan membantu mendongkrak metabolisme untuk hasil yang lebih cepat.

5. Susu cokelat
Susu cokelat, yang umumnya digemari anak-anak, rupanya dapat membantu pembentukan otot lebih banyak.

6. Keju
Menurut Mayo Clinic, keju dapat mensubsitusi daging sebagai sumber protein. Sekitar 30 gram keju rendah lemak menyumbang 7 gram protein pembentuk otot, demikian pula keju cottage.

7. Protein Whey
Tergolong dalam protein yang diserap tubuh dengan cepat. Protein ini menjadi santapan terbaik usai berolah raga. Mengandung asam amino yang penting untuk membangun dan mempertahankan otot.

8. Bayam
enelitian di Rutgers University menunjukkan bahwa konsumsi bayam dapat meningkatkan perkembangan otot hingga 20 persen.

9. Kuinoa
Bila ingin sumber karbohidrat yang membantu membentuk otot, cobalah kuinoa. Sebanyak 100 gram kuinoa mengandung 14 gram protein bersama dengan asam amino esensial yang membuatnya menjadi tambahan yang baik bagi makanan pembentuk otot.

10. Air
Memang bukan makanan, tetapi cukup air menjadi bagian penting dalam pembentukan otot. Tubuh terdiri atas 70 persen air dan jaringan otot sekitar 75 persen air. Menjaga otot tetap terhidrasi akan meningkatkan kekuatan, tingkat energi, dan membantu pencernaan berjalan lancar.

ria/R-2
sumber : http://koran-jakarta.com/index.php/detail/view01/103141, akses tgl 08/11/2012.

Share To:

PERSAGI Bandung

Post A Comment:

0 comments so far,add yours