Harga kelapa muda di Kota Pelaihari, Kabupaten Tanahlaut (Tala) saat ini lumyan mahal. Per bijinya rata-rata dilepas pedagang seharga Rp 6 ribu. Sebelum bulan puasa umumnya cuma Rp4-5 ribu. 


Penyebab mahalnya harga kelapa muda, akibat dipicu tinggi konsumsi masyarakat di bulan puasa. Seorang pedagang di Angsau, Pelaihari mengatakan dalam sehari bisa laku hingga 50 biji bahkan lebih.

Seperti diketahui, air kelapa muda mengandung berbagai zat yang bermanfaat bagi ibu hamil. Zat-zat itulah yang barangkali secara tidak langsung membuat bayi menjadi lebih sehat.

1. Elektrolit Alami 
Air kelapa muda kaya dengan kandungan elektrolit, klorida, kalsium, potasium, magnesium, sodium, dan riboflavin. Sebagai isotonik alami yang kaya mineral dan memiliki elektrolit sama dengan elektrolit tubuh, air kelapa muda sangat bermanfaat untuk rehidrasi dan memulihkan stamina tubuh.

Ibu hamil membutuhkan lebih banyak air dibandingkan orang lain. Dehidrasi selama kehamilan dapat menyebabkan berbagai komplikasi, termasuk sakit kepala, kram, edema dan bahkan kontraksi yang dapat menyebabkan persalinan prematur.

2. Diuretik Alami
Sebagai diuretik natural yang steril, air kelapa muda melancarkan air seni dan membantu membersihkan saluran kemih. Hal ini berkhasiat mengeluarkan zat-zat toksin dari tubuh dan mencegah infeksi saluran kemih– yang juga cukup umum terjadi pada wanita hamil.

3. Antipenyakit
Air kelapa muda mengandung asam lauric, asam yang membantu melawan penyakit. Asam lauric yang terkandung dalam air kelapa sama dengan yang terdapat di air susu ibu dan memiliki karakteristik antijamur, antibakteri dan antivirus sehingga menjaga kesehatan ibu dan bayi dari virus seperti herpes dan HIV, protozoa giardia lamblia serta bakteri klamidia dan heliokobater.

4. Membantu Pencernaan
Air kelapa juga dipercaya memperbaiki fungsi pencernaan. Selama kehamilan, plasenta memproduksi hormon progesteron yang memperlambat kontraksi otot lambung sehingga pencernaan pun melambat. Air kelapa dapat membantu meningkatkan kecepatan pencernaan.

5. Meningkatkan HDL
Air kelapa muda tidak mengandung lemak dan kolesterol, bahkan menurut riset dapat meningkatkan kolesterol baik (HDL) di dalam tubuh.

(idda royani/didik/berbagai sumber)
sumber : http://www.banjarmasinpost.co.id/read/artikel/2010/8/29/54957/kelapa-muda-dan-manfaatnya-bagi-ibu-hamil, akses tgl 31/08/2010.

Share To:

PERSAGI Bandung

Post A Comment:

0 comments so far,add yours