Apakah Anda terbiasa mencuci daging ayam mentah sebelum memasaknya? Pikiran Anda mungkin sederhana bahwa itu adalah cara terbaik untuk meminimalisir bakteri yang masih melekat. Padahal nyatanya itu salah.


Dr Michael Eyles, seorang pakar informasi kesehatan dan keamanan pangan, mengatakan bahwa mencuci daging ayam mentah justru berisiko meracuni makanan dan menyebar bakteri di sekitar dapur. Kasus paling banyak adalah pencemaran bakteri Salmonela.

"Mencuci unggas rentan menyebarkan bakteri ke seluruh area dapur, mengontaminasi bak cuci, tangan, peralatan masak, talenan, juga makanan fresh seperti buah, lalapan atau salad," ujar Eyles, seperti dikutip Times of India.

Untuk meminimalisir pencemaran bakteri, Eyles menyarankan untuk tidak mencuci daging ayam mentah di bawah keran. Jika tak langsung merebus daging, Anda bisa mengelap permukaan luar daging dengan tisu makan. Bukan mencucinya.

Pastikan pula Anda membuat kertas tisu itu langsung ke tempat sampah tertutup. Pisahkan pula peralatan masak untuk daging mentah dengan makanan lain seperti pisau, garpu, talenan, juga wadahnya.

"Jangan menempatkan daging atau makanan yang sudah dimasak kembali ke piring yang sama atau talenan yang sebelumnya digunakan untuk mengiris daging mentah," ujarnya. "Pastikan pula Anda mencuci tangan sampai bersih setelah memegang daging mentah."
Jika ingin menyimpan daging mentah di kulkas, sebaiknya tempatkan dalam plastik atau wadah yang tertutup rapat agar tak mengontaminasi makanan lain di sekitarnya.

penulis : Pipiet Tri Noorastuti
sumber : http://life.viva.co.id/news/read/367396-kenapa-jangan-cuci-ayam-sebelum-memasaknya, akses tgl 16/11/2012.

Share To:

PERSAGI Bandung

Post A Comment:

0 comments so far,add yours