Makanan tinggi lemak baik mengandung nutrisi yang dibutuhkan.


Lemak itu tidak semuanya jahat, ada pula lemak baik yang dikenal dengan lemak tak jenuh tunggal dan lemak omega-3. Makanan tinggi lemak bahkan bermanfaat karena memberikan vitamin, mineral, dan nutrisi lain yang dibutuhkan tubuh.

Dengan manfaat yang diberikan oleh lemak baik, maka dianjurkan untuk tidak melewati beberapa jenis makanan tertentu. Berikut ini beberapa jenis makanan yang menawarkan kandungan lemak yang baik untuk pemenuhan gizi sehari-hari, dikutip dari Reader's Digest, Jumat (2/8).

Selai kacang

Banyak yang menghindari memakan selai kacang karena penawaran gula yang sangat tinggi. Namun, di balik itu, terdapat hidangan lemak sehat yang diberikan dari tambahan makanan tersebut.

Penulis The Healthy Instant Pot Cookbook Dana Angelo White, MS, RD, menyatakan, selai kacang adalah makanan yang menyehatkan jantung. Memasukkan selai kacang ke diet merupakan pilihan yang bijak bagi White.

White mengatakan, pilih selai kacang yang tidak menawarkan gula sebagai tambahan. Coba cari komposisi yang paling sehat dengan bahan tambahan yang paling minimal untuk menawarkan manfaat yang lebih banyak.

"Dioleskan ke pisang, selai kacang merupakan camilan sebelum latihan, dan juga bisa dikombinasikan dengan cuka beras, bawang putih, dan kecap rendah natrium untuk membuat saus celup untuk ayam bakar atau tahu tumis," kata White.

Alpukat

"Hampir semua lemak dalam alpukat adalah jenis tak jenuh tunggal, yang menyehatkan jantung," kata ahli diet di Boston  Elizabeth Ward, MS, RDN.

Ward menjelaskan, alpukat secara alami memiliki kandungan rendah dari natrium, namun kaya kalium. Sehingga membantu menjaga tekanan darah. Jenis buah-buahan ini pun memasok beberapa vitamin B, serta vitamin E dan vitamin K.

Untuk memanfaatkan alpukat dalam menu makanan pun bisa dilakukan dengan banyak cara. Buah ini bisa dibuat jus,  smoothie, salad, bahkan menjadi tambahan makanan utama yang sehat.

Keju

Keju adalah salah satu dalam daftar makanan tinggi lemak yang bermanfaat. Menambahkan keju dalam banyak olahan makanan menjadikan hidangan menjadi lebih kaya rasa dan rezat.

"Beberapa makanan lebih memuaskan dan lezat dengan keju, terutama yang penuh lemak, yang ada secara alami," kata  ahli diet di Augusta, Georgia dan pembawa acara podcast "This Unmillennial Life" Regan Jones, RDN.

Olahan susu ini sangat cocok ketika berpasangan dengan buah-buahan dan sayuran, dua kelompok makanan yang sebagian besar sangat dianjurkan untuk dimakan setiap harinya. Ditambah lagi, keju berguna sebagai sumber kalsium dan protein yang kaya, dan menawarkan penambahan nutrisi pada makanan lain.

"Pasangkan keju dengan selai, tambahkan tomat isi-feta, atau nikmati piza buah dengan keju krim. Ingatlah untuk makan keju dalam jumlah sedang contoh, degan porsi 1 ons atau kurang," ujar Jones.

Telur

Salah satu makanan tinggi lemak teratas tentu saja jatuh pada telur. Makanan ini penuh dengan nutrisi baik untuk tubuh, termasuk karotenoid lutein dan zeaxanthin yang membantu kesehatan mata.

"Saya memasak sekitar tujuh kali sekaligus dan makan yang dimasak untuk sarapan atau makan siang,” kata ahli gizi di Casper, Wyoming, Judy Barbe, RD.

Telur pun merupakan makanan yang sangat mudah diolah, mudah ditemukan, dan sangat ekonimis. Dengan kandungan protein dan lemak, telur menjadi alternatif yang baik untuk memenuhi gizi harian tanpa menguras kantong terlalu dalam.

Cokelat hitam

Ketika mendengar kata coklat, tentu saja segudang masalah sering kali muncul. Namun, tidak ada yang salah dengan cokelat hitam, karena ini adalah salah satu makanan tinggi lemak baik.

"Sebagian besar dari kita tidak menganggap cokelat sebagai makanan kesehatan, namun mengonsumsi cokelat sempurna jika dimakan dalam jumlah sedang," kata ahli gizi di Quincy, Cassidy McCandless, MS, RDN.

Cokelat hitam juga menyediakan nutrisi seperti tembaga dan selenium, ditambah menjadi sumber antioksidan yang sangat baik. "Nikmati dalam olahan buatan sendiri, kue potongan cokelat, atau secangkir minuman dari cokelat hitam. Makanan penutup yang lebih sehat dapat membantu Anda menurunkan berat badan," ujar McCandless.

Rep: Dwina Agustin/ Red: Indira Rezkisari
sumber : https://gayahidup.republika.co.id/berita/pvr46d328/gaya-hidup/info-sehat/19/08/02/pvla1a328-lima-makanan-kaya-lemak-baik, akses tgl 08/08/2019.

Share To:

PERSAGI Bandung

Post A Comment:

0 comments so far,add yours