Makanan-Makanan Penangkal Insomnia, Kangkung Salah Satunya!

Kurang tidur menyebabkan berbagai kasus yang serius. Selain dapat meningkatkan nafsu makan terutama junk food, ada sejumlah masalah kesehatan yang berkaitan dengan kurang tidur. Dimulai dari sistem kekebalan yang melemah, risiko diabetes tipe 2, depresi, dan sakit jantung.


Satu studi dari University of Texas Southwestern Medical Center menemukan bahwa tidur terlalu sedikit memicu makan berlebihan dan berat badan. Sedangkan tidur lebih banyak memangkas konsumsi karbohidrat dan lemak, yang bisa menurunkan berat badan. University of Chicago juga menemukan bahwa mendapatkan 4,5 jam tidur meningkatkan rasa kelaparan menjelang sore hingga malam hari.

Orang banyak tidak menyadari bahwa salah satu faktor penyebab insomnia berasal dari makanan. Selama ini, kebanyakan orang hanya mengetahui makanan yang baik untuk tidur adalah kangkung atau susu. Namun ternyata, masih banyak makanan dan minuman lain yang dapat meningkatkan kualitas tidur Anda. Berikut telah dirangkum detikHealth, Jumat (18/7/2014).

1. Ceri

"Di dalam buah ceri, ternyata banyak mengandung melatonin. Melatonin adalah senyawa kimia yang membantu mengontrol jam internal tubuh kita," jelas Keri Gans, pakar diet kenamaan dari New York City dan penulis The Small Change Diet.

Sebuah studi menemukan bahwa minum jus ceri yang biasa digunakan untuk tart dapat menghasilkan peningkatan durasi dan kualitas tidur pada orang dewasa yang menderita insomnia kronis. Bahkan, tak jarang wisatawan memilih ceri atau menelan kapsul melatonin untuk memerangi jetlag.

2. Nasi yang wangi pandan

Anda tentu sering merasa setelah memakan nasi kemudian Anda mengantuk. Rupanya, ketika nasi masuk ke dalam tubuh, nasi berubah menjadi glukosa. Glukosa inilah yang membuat orang cepat mengantuk. Beras dengan wangi pandan dipercaya memiliki indeks glisemik yang tinggi. Ini berarti tubuh mencerna nasi secara perlahan-lahan, dan kemudian melepaskan glukosa secara bertahap ke dalam aliran darah.

Studi di American Journal of Clinical Nutrition tahun 2007, menemukan bahwa konsumsi nasi dengan wangi pandan empat jam sebelum tidur mengurangi jumlah waktu yang dibutuhkan untuk tertidur hingga setengah kali lebih cepat. Jadi, cobalah untuk memasukan beberapa daun pandan yang diikat ketika menanak nasi.

3. Sereal

Karbohidrat pada umumnya baik untuk membantu tidur tapi tentunya bukan ide yang bagus untuk memakan kue-kue sebelum tidur. Sebaliknya, cobalah semangkuk sereal gandum atau jagung yang baik dan rendah kalori namun mengandung karbohidrat kompleks. Bahkan lebih baik jika memakan sereal dengan susu untuk memperbaiki kualitas tidur Anda.

4. Pisang

Pisang membantu meningkatkan kualitas tidur Anda karena mengandung magnesium alami. Pisang dapat membuat otot menjadi rileks karena kandungan potasium. Kandungan karbohidrat dalam pisang cukup membantu membuat Anda mengantuk juga.

"Pisang merupakan promotor kesehatan secara menyeluruh. Contohnya, kandungan potasium dalam pisang memerihara kesehatan jantung dan fungsi kognitif dalam tubuh," kata Rosenberg.

5. Ubi jalar

Ubi jalar membantu Anda untuk tidur tenang. Tidak hanya menyediakan karbohidrat yang baik untuk tidur nyenyak. Ubi jalar juga mengandung kalium yang membantu tubuh untuk relaksasi. Namun, jika Anda sedang berdiet dan merasa ubi jalar terlalu 'berat', Anda dapat menggantinya dengan pepaya.

Kalium juga membantu untuk mengendalikan detak jantung. Oleh karena itu, apabila Anda penyuka minuman diuretik seperti bir atau kopi, hendaknya dilawan dengan makanan dengan kandungan kalium tinggi seperti ubi jalar. Minuman diuretik sangat menguras kalium dalam tubuh dan memompa jantung untuk bekerja keras.

6. Teh melati

Selama ini teh melati banyak dikenal sebagai antioksidan yang baik untuk meregenerasi sel-sel tubuh. Selain itu, teh ini juga berfungsi untuk menurunkan berat badan saat dikonsumsi tanpa gue atau gula rendah kalori. Teh melati sangat cepat menyerap lemak dan kolesterol dalam tubuh. Bonusnya, minum teh wangi melati sangat baik untuk merelaksasi tubuh Anda.

(up/up)
Sumber : https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-2640970/makanan-makanan-penangkal-insomnia-kangkung-salah-satunya, akses tgl 02/08/2019.

Posting Komentar

[blogger]

MKRdezign

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget